Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.

Curah Hujan di Sulawesi Selatan Ekstrem

Nasional banjir tanah longsor
23 Januari 2019 17:22
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut curah hujan di wilayah Sulawesi Selatan ekstrem. Bukan hanya menyebabkan banjir, wilayah dataran tinggi di Sulsel juga terdampak longsor.
 
"Catatan kami menunjukkan curah hujannya lebih dari 100 milimeter yang mengindikasikan bahwa curah hujannya cukup ekstrem di Sulawesi Selatan," ujar Kepala Sub Bidang Pelayanan BMKG Siswanto melalui sambungan telepon dalam Newsline Metro TV, Rabu, 23 Januari 2019.
 
Siswanto mengatakan ditinjau dari rata-rata normalnya curah hujan dalam satu bulan, di Kota Makassar misalnya, hanya sekitar 500-600 milimeter per bulan. Sedangkan yang terjadi saat ini menunjukkan intensitas yang lebih tinggi dari biasanya sehingga dikategorikan sebagai ekstrem.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Faktor lain jika dilihat dari dinamika atmosfernya, kondisi cuaca di Sulawesi Selatan memiliki kelembapan cukup tinggi termasuk juga dengan lapisan udaranya. Indikasi ini memunculkan potensi hujan cukup signifikan di wilayah Sulawesi Selatan.
 
"Ditambah dengan saat ini kita memang sudah memasuki fase puncak musim hujan," kata dia.
 
Siswanto menambahkan meski saat ini kondisi di wilayah Sulawesi Selatan cenderung cerah dan ada jeda tidak terjadi hujan namun berdasarkan citra satelit dan radar beberapa titik mulai terdapat pertumbuhan awan. Cuaca hujan dengan angin kencang juga diproyeksikan masih akan terjadi selama tiga hari ke depan.
 
Bahkan pada 25 Januari 2019 mendatang potensi hujan dengan intensitas sedang dan lebat diprediksi terjadi di beberapa wilayah Sulawesi Selatan seperti pesisir barat, Makassar, Maros, Barru, Gowa. Termasuk di wilayah Sulawesi Selatan bagian selatan seperti Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, dan Kepulauan Selayar.
 
"Prediksi BMKG di wilayah-wilayah tersebut hujan lebat dengan potensi angin kencang," pungkasnya.
 

 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi