Antisipasi Banjir, Pemkot Makassar Kebut Bersihkan Drainase

Andi Aan Pranata 25 Oktober 2018 14:51 WIB
bencana longsorbencana banjir
Antisipasi Banjir, Pemkot Makassar Kebut Bersihkan Drainase
Petugas satgas drainase mengangkat sampah dari saluran air di salah satu titik kota Makassar
Makassar: Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan mengantisipasi potensi genangan di musim hujan dengan mengoptimalkan fungsi drainase. Melalui Dinas Pekerjaan Umum, petugas Pemkot gencar turun membersihkan serta mengeruk sedimen di saluran air.

Kepala Dinas PU Kota Makassar Muhammad Ansar mengatakan, pihaknya beserta 15 pemerintah kecamatan se-Makassar menurunkan sekitar 500 personel satuan tugas drainase. Petugas secara berkala dikerahkan untuk membersihkan drainase di berbagai titik kota.

“Titiknya tersebar di seluruh kota. Ini hal yang normal kita lakukan secara rutin, bukan hanya saat menjelang musim hujan,” kata Ansar di Makassar, Kamis 25 Oktober 2018.


Ansar mengatakan, penumpukan sedimen dan sampah merupakan masalah umum pada sistem drainase kota. Penumpukan sampah biasanya mengakibatkan aliran air tersumbat, sehingga berdampak banjir atau genangan.

“Karena itu kita minta kesadaran masyarakat untuk ikut aktif menjaga, dengan tidak membuang sampah di drainase,” ucapnya.

Pada Rabu siang petugas satgas drainase membersihkan drainase wilayah kelurahan Maccini Sombala, kecamatan Tamalate. Dari sejumlah lokasi, terlihat petugas mengangkat endapan sedimen dari dasar saluran air. Sedimen berampur dengan batu, pasir, serta sampah plastik.

Camat Tamalate Fahyuddin Yusuf yang memantau pembersihan mengatakan, pembersihan sedimen mutlak diperlukan untuk meminimalisir potensi banjir. Pembersihan mesti rutin, karena sebagian masyarakat dianggap masih terbiasa membuang sampah ke saluran air.

“Risiko banjir selalu menghantui setiap musim hujan tiba. Untuk itu kami turunkan satgas untuk mengangkat endapan yang mengakibatkan terjadinya pendangkalan drainase,” kata Fahyuddin.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id