Deretan kantong pasir di lokasi longsor di Desa Kunir Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
Deretan kantong pasir di lokasi longsor di Desa Kunir Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)

BPBD Jepara Butuh 10 Ribu Karung

Nasional penanggulangan bencana
Rhobi Shani • 07 November 2019 15:17
Jepara: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, membutuhkan sedikitnya 10 ribu karung. Karung-karung akan diisi pasir guna mengantisipasi dampak banjir, longsor, juga sebagai tanggul penahan sementara.
 
Kepala BPBD Kabupaten Jepara, Arwin Nor Isdiyanto, mengatakan, jumlah karung didasarkan pada kebutuhan pencegahan bencana tahun lalu. Pada musim hujan 2018 BPBD menghabiskan lebih dari 10 ribu karung guna antisipasi bencana.
 
“Saat ini kantong karung tersisa 500. Tapi nanti kalau dibutuhkan kami akan minta ke PUPR (Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat),” ujar Arwin kepada Medcom.id, Kamis, 7 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BPBD Kabupaten Jepara juga telah menerima permohonan bantuan karung dari Kecamatan Kalinyamatan. Kantong karung yang diminta sebanyak 2.500 lembar.
 
Jelang musim hujan BPBD Jepara juga memeriksa perlengkapan dan logistik untuk menangani banjir. Perahu karet milik BPBD disiapkan sebanyak empat unit, berikut bantuan belasan perahu karet milik instasi lain.
 
“Perahu karet sudah siap semua, baik milik BPBD maupun instansi lain. Mesin pompa air milik kami juga sudah siap,” kata Arwin.
 
Pertengahan bulan ini BPBD juga akan menerima bantuan logistik dari pemerintah provinsi. Misalnya logistik kebutuhan pokok dasar seperti mi instan, air mineral kemasan, dan lauk-pauk kemasan.
 
“Logistik yang di instansi lain seperti PMI, Dinas Ketahanan Pangan juga sudah siap,” tandas Arwin.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif