Ketua Fraksi NasDem DPR, Ahmad M Ali. Foto: Partai NasDem
Ketua Fraksi NasDem DPR, Ahmad M Ali. Foto: Partai NasDem

Sulteng Diproyeksikan Jadi Pusat Manufaktur Sulawesi

Nasional industri manufaktur
26 Juni 2019 13:45
Jakarta: Memiliki cadangan sumber daya alam nikel hingga gas bumi yang besar, Sulawesi Tengah (Sulteng) diyakini menjadi pusat industri manufaktur di Pulau Sulawesi pada 2024. Status sebagai pusat manufaktur akan memicu pertumbuhan ekonomi yang masif di Sulteng.
 
Optimisme itu disampaikan tokoh muda asal Sulawesi Tengah yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi NasDem DPR, Ahmad M Ali. "Saya optimistis pada 2024 daerah ini akan menjadi pusat industri manufaktur di Pulau Sulawesi,” kata Bendahara Umum Partai NasDem ini, Rabu, 26 Juni 2019.
 
Sulteng merupakan provinsi terbesar di Pulau Sulawesi dengan luas wilayah daratan 61.841 kilometer persegi dan luas laut 189.480 kilometer persegi (berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2014). Ali mengatakan Sulteng memiliki tantangan dari sisi konektivitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sulteng mencakup semenanjung bagian timur dan sebagian semenanjung bagian utara. Juga Kepulauan Togean di Teluk Tomini dan pulau-pulau di Banggai Kepulauan di Teluk Tolo hingga ke perbatasan Sulawesi Tenggara. Sebagian besar daratan di provinsi ini berupa pegunungan.
 
"Sebanyak 42,80 persen wilayah Sulteng berada di atas ketinggian 500 meter dari permukaan laut. Dan Katopasa adalah gunung tertinggi dengan ketinggian 2.835 meter dari permukaan laut. Kita butuh infrastruktur yang besar sekali,” katanya.
 
Kendala lain yang harus dicari solusinya, lanjut Ali, adalah perbedaan sebaran sumber daya alam dan iklim. Hal ini membuat pertumbuhan tidak merata.
 
Tantangan itu, kata dia, dalam bentuk ketimpangan pembangunan antardaerah. Di satu sisi ada daerah dengan sumber daya alam yang melimpah seperti minyak dan gas, sementara di daerah lain terbatas.
 
"Konektivitas melalui perbaikan dan penambahan infrastruktur darat, laut, dan udara adalah kunci pemerataan pembangunan," paparnya.
 
Ali menekankan percepatan infrastruktur dan energi yang masif akan membuat Sulteng menjadi pusat pertumbuhan.
 
"Sulteng berpotensi menjadi daerah maju berbasis sentral strategis komoditas olahan dan hilirisasi berbasis keunggulan daerah. Hal ini akan berdampak pada terbukanya kesempatan kerja bagi penduduk setempat," kata tokoh muda yang disebut bakal maju sebagai calon gubernur Sulteng ini.

 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif