Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Puting Beliung, 171 Rumah di Jateng Rusak Berat

Nasional puting beliung
Mustholih • 17 Desember 2019 15:45
Semarang: Ratusan rumah di 22 kabupaten/kota se-Jawa Tengah rusak berat akibat hujan deras disertai angin kencang. Tiga Kabupaten di Jawa Tengah yakni Magelang, Klaten, dan Semarang, menjadi daerah yang mengalami kerusakan paling banyak.
 
"Paling banyak rumah warga yang rusak kena angin kencang dan puting beliung," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jateng, Sudaryanto, Semarang, Jateng, Selasa, 17 Desember 2019.
 
Sudaryanto menerangkan 196 desa di 22 kabupaten/kota se-Jateng dilanda hujan deras disertai angin kencang. Jumlah itu terdata sejak awal Desember 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia berujar sebanyak 171 rumah yang mengalami rusak berat, 4.292 rumah rusak ringan, dan 1.500 rumah rusak sedang. Dia menyarankan pemerintah daerah segera menetapkan status darurat bencana.
 
"Agar Pemprov bisa ikut membantu meringankan beban para korban," jelas Sudaryanto.
 
Sudaryanto menyatakan Pemerintah Provinsi mengalokasikan Rp23 miliar untuk dana tanggap darurat. Kabupaten yang mengajukan dana tanggap darurat baru Pemalang, Wonosobo, dan Magelang.
 
"DTT yang ada sekarang Rp23 miliar. Yang baru terpakai Rp6 miliar," ujarnya.
 
Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Jateng, Herru Setiadhie, meminta bupati dan wali kota segera membuat peta daerah rawan bencana. Peta itu selanjutnya diserahkan ke kepala desa atau lurah, dan para relawan.
 
"Ini bentuk kesiapsiagaan. Jangan karena tidak pernah terjadi, kemudian lengah. Seperti kantor di Kabupaten Semarang yang rusak karena angin ribut. Tidak pernah, tapi nyatanya kejadian," ujarnya.

 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif