19.317 Guru Honorer Berpotensi Diangkat Jadi PNS

Nur Azizah 14 Februari 2018 07:34 WIB
guruseleksi cpns
19.317 Guru Honorer Berpotensi Diangkat Jadi PNS
Ilustrasi PNS DKI. Foto: MI/Ramdani.
Jakarta: Sebanyak 19.317 guru honorer yang mengajar di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T) berpotensi diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Pelaksana Harian Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Renny Yunus mengatakan, 19.317 merupakan guru bersertifikasi.

"Kami sudah mendata dan ada sekitar 19.317 guru honorer yang akan diangkat menjadi PNS," kata Renny seperti dikutip dari Antara, Rabu, 14 Februari 2018.


Kendati begitu, seluruh CPNS itu belum dipilah berdasarkan usia. Untuk diangkat menjadi PNS, peserta harus berusia maksimal 32 tahun.

Kemendikbud pun masih menunggu data yang berasal dari pemerintah daerah mengenai data guru honorer di 3T. Ia pun berencana mendiskusikan pengangkatan ini bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Karena banyak yang usianya di atas 35 tahun. Mungkin hampir seluruhnya. Makanya nanti kita diskusikan dengan BKN," ujar dia.

Renny berharap ada kebijakan afirmasi khusus untuk pengangkatan guru honorer di daerah 3T. Apalagi, bagi guru honorer yang sudah mengajar minimal 10 tahun di daerah tersebut.

Ia menyampaikan, pengangkatan guru honorer berkaitan dengan upaya mengatasi permasalahan kekurangan guru di daerah 3T. Berdasarkan data dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, terdapat 122 kabupaten yang termasuk ke dalam daerah 3T.

Sebagian daerah 3T memiliki kemampuan fiskal yang rendah. Hal ini dikarenakan hampir 50 persen lebih APBD digunakan untuk belanja pegawai.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id