Sambut Pemudik, Jalan Nasional di Sulsel Tanpa Lubang
Jalur nasional Trans Sulawesi, jalan Perintis Kemerdekaan Makassar
Makassar: Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XIII memastikan jalan nasional di Sulawesi Selatan siap digunakan untuk menghadapi masa mudik lebaran Idulfitri tahun 2018. Kemantapan jalan nasional di daerah ini secara umum mencapai 91 persen dan diklaim tanpa lubang atau ‘zero hole’.

“Ada beberapa titik yang sedang dalam pemeliharaan, tapi sejak H-10 Lebaran sudah siap digunakan,” kata Kepala BPPJN XII Miftachul Munir di Makassar, Selasa, 5 Juni 2018.

Munir mengatakan, sebelumnya terdapat sejumlah titik berlubang, terutama di jalur Maros-Bone. Namun semuanya kini disebut telah teratasi. Begitu pula dengan jalur nasional lain Trans Sulawesi, 
Makassar-Parepare.


Pada jalur Makassar-Parepare, BPPJN XII mencatat terdapat empat titik pemeliharaan. Sebelumnya diberlakukan pengalihan sistem lalu lintas melawan arus atau contraflow. Satu di antaranya sudah mulai dibuka normal pada Senin lalu, menyusul dua lainnya pada Rabu besok.

“Tinggal satu contraflow yang belum dibuka, yakni di pengerjaan jembatan Biringkasi. Belum bisa karena belum ada bangunan jembatannya,” ujar Munir.

Lebih lanjut, Munir mengungkapkan, pada jalur Palopo-Parepare via Sidrap, terdapat tiga paket pelebaran jalan yang sedang digali. Pihaknya menginstruksikan agar galian segera ditutup minimal H-10, agar tidak mengurangi kapasitas jalur lalu lintas.

Pada masa mudik tahun ini, masyarakat, kata Munir, juga bisa mulai memanfaatkan akses antar provinsi lainnya. Akses berupa jalan layang ‘elevated road’ Camba, yang menghubungkan Maros-Bone. Jalan ini dikerjakan sejak tahun 2016 di kawasan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, dengan total panjang 2,7 kilometer.

Jalan layang ini membelah kawasan karst ini memudahkan pengendara, yang sebelumnya harus menempuh medan berkelok. Saat ini pengerjaan proyek memasuki tahap pengaspalan.

“Elevated road ini diharapkan sudah dapat dibuka untuk umum pada H-7 Lebaran,” kata Munir.




(ALB)