Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Pemungutan Suara di Sumsel Berlangsung Lancar

Nasional pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Antara • 17 April 2019 18:43
Palembang: Kegiatan pemungutan suara di 25 ribu lebih Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 17 kabupaten dan kota dalam wilayah hukum Polda Sumatera Selatan berjalan aman, tertib, dan lancar sesuai dengan jadwal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).
 
Berdasarkan laporan wilayah hukum Polresta Palembang dan Polres Banyuasin, tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang bisa mengganggu pemungutan suara.
 
"Kondisi Kamtibmas aman terkendali, diharapkan bisa dipertahankan pada proses penghitungan surat suara hingga penetapan pemenang Pemilu," kata Kapolda Sumsel Irjen Zulkarnain Adinegara di Palembang, Rabu, 17 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zulkarnain menjelaskan, untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu, pihaknya didukung TNI yang menyiagakan pasukan pengamanannya di kantor KPU hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS).
 
Khusus pengamanan TPS, Polda Sumsel menempatkan personel dengan jumlah berdasarkan tingkat kerawanan atau mudah menjadi sasaran gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.
 
Untuk mengamankan 25 ribu TPS di Sumsel pada Pemilu serentak pemilihan anggota legislatif dan presiden/wapres, disiagakan 11 ribu personel gabungan Polda Sumsel dan Kodam II Sriwijaya.
 
"Pengamanan di TPS yang tergolong aman dilakukan pola pengamanan 10 TPS diawasi dua angota Polri, kurang rawan empat TPS diawasi dua anggota Polri, sedangkan pengamanan satu TPS rawan ditempatkan satu polisi dan dua anggota Linmas, serta satu TPS sangat rawan disiagakan dua polisi dan dua Linmas," jelas Zulkarnain.
 
Menurut Zulkarnain, pihaknya didukung jajaran Kodam II Sriwijaya dan anggota Linmas berupaya secara maksimal mencegah terjadinya gangguan.
 
Kamtibmas mulai dari proses persiapan logistik Pemilu, masa kampanye, masa tenang, hari pemungutan suara, proses penghitungan surat suara, penetapan dan pelantikan pemenang.
 
Dengan pengamanan secara maksimal masyarakat bisa merasa aman dan nyaman datang ke TPS pada 17 April ini untuk menyalurkan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani, langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif