Tujuh Daerah di Sulsel Akan Diguyur Curah Hujan Tinggi

Andi Aan Pranata 20 November 2018 18:29 WIB
musim hujan
Tujuh Daerah di Sulsel Akan Diguyur Curah Hujan Tinggi
Petugas BBMKG Wilayah IV Makassar. Medcom.id/ Andi Aan Pranata.
Makassar: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan curah hujan tinggi mulai melanda sebagian daerah di Sulawesi Selatan pada Desember 2018. Hujan dengan curah di atas 500 milimeter setidaknya terjadi di tujuh kabupaten dan kota.

Curah hujan tinggi, antara lain diprediksi terjadi di Kabupaten Toraja Utara, Barru, Pangkep, Maros, Gowa, Takalar, dan kota Makassar. Kondisi itu kemungkinan bakal berlangsung hingga puncak musim hujan di bulan Februari tahun 2019.

"Curah hujan di daerah lain masih normal antara 51-500 mm. Ada juga yang di bawah normal, yakni di sekitar pesisir timur dan selatan Sulsel," kata Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar Daryatno, Selasa 20 November.


BMKG mencatat bahwa sifat hujan di Sulsel pada Desember umumnya pada ambang normal. Kondisi itu meliputi 89 persen daerah, dan 8 persen lainnya dengan sifat hujan di atas normal. Kondisi sifat hujan di atas normal kemudian diperkirakan meluas menjadi 21 persen daerah pada Januari dan Februari.

Daryatno mengatakan, pada Desember hingga Februari mendatang Sulsel diperkirakan mengalami gejala perubahan iklim. Kemungkinan terjadi peningkatan suhu air laut di atas normal atau El Nino, namun dalam skala lemah hingga sedang.

"Pada Desember hingga Februari wilayah perairan Sulsel semakin menghangat," ujarnya.

Sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel mengingatkan masyarakat tentang potensi empat bencana di musim hujan. Bencana pada cuaca ekstrem antara lain berupa longsor, banjir, puting beliung, dan abrasi. Bencana itu bisa saja terjadi di seluruh wilayah Sulsel.

"Kalau daerah rawan, semuanya rentan. Karena kita harus waspadai semua titik. Jadi tidak ada yang disepelekan,” kata Kepala BPBD Sulsel Syamsibar.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id