Warga mendorong motor melintasi sisa lumpur akibat banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu, 17 Maret 2019. ANTARA/Gusti Tanati
Warga mendorong motor melintasi sisa lumpur akibat banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu, 17 Maret 2019. ANTARA/Gusti Tanati

2.273 Mengungsi Akibat Bencana di Papua

Nasional banjir bandang papua bencana banjir Bencana Alam Papua
Surya Perkasa, Antara • 17 Maret 2019 12:49
Jayapura: Ribuan warga Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, mengungsi akibat banjir bandang yang menerjang wilayah tersebut pada Sabtu malam, 16 Maret 2019. Jumlah korban yang mengungsi terus bertambah.
 
Kapolres Jayapura AKBP Victor D Mackbon menyebut jumlah pengungsi saat ini mencapai 2.273 pengungsi. "Pengungsi terssebut di tujuh titik pengungsian," kata dia dalam Breaking News Metro TV, Minggu, 17 Maret 2019.
 
Dia menyebut jumlah pengungsi kemungkinan bisa bertambah karena masih titik pengungsian masih belum terpusat. Namun, tim penanganan bencana yang dipimpinnya akan terus berupaya mengevakuasi korban.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BPBD Papua telah membuka dapur umum di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Pengungsian bagi warga terdampak dipusatkan di perkantoran bupati di Gunung Merah.
 
"Saat ini dapur umum siap melayani kebutuhan makanan masyarakat yang tertimpa musibah akibat banjir bandang yang terjadi di kawasan itu," kata Kepala BPBD Papua Welem Manderi kepada Antara.
 
Selain membuka dapur umur juga sudah memberi tenda untuk menampung para pengungsi yang rumahnya terendam air. BPBD juga menyediakan kamar mandi dan berbagai lain seperti selimut dan air bersih serta pakaian. Satu unit ambulans juga disiagakan untuk membantu masyarakat.
 
Banjir bandang yang terjadi di sembilan distrik di Kabupaten Jayapura itu menyebabkan ratusan keluarga kehilangan tempat tinggal. Tercatat sebanyak 50 orang ditemukan meninggal di kawasan Sentani dan sekitarnya.

 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi