Seorang warga korban banjir bandang tertidur di timbunan lumpur di rumahnya di Desa Bangga, Dolo Selatan, Sigi, Sulawesi Tengah, Senin, 29 April 2019. Antara/Basri Marzuki
Seorang warga korban banjir bandang tertidur di timbunan lumpur di rumahnya di Desa Bangga, Dolo Selatan, Sigi, Sulawesi Tengah, Senin, 29 April 2019. Antara/Basri Marzuki

Korban Banjir Sigi Kesulitan Air Bersih

Nasional bencana longsor bencana banjir
Antara • 30 April 2019 20:09
Sigi: Korban terdampak banjir dan lumpur di Desa Bangga Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, membutuhkan bantuan air bersih. Pasokan air yang ada disebut warga tak layak konsumsi.
 
"Susah sekali air bersih di sini. Air sangat kami butuhkan," ucap Gasim Warga Dusun IV Desa Bangga, Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa, 30 April 2019.
 
Adnan, warga Dusun III Desa Bangga mengakui sulitnya mendapat air bersih. Ia menyebut air yang dapat diperoleh di wilayah itu kotor dan keruh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada air, kalau tanah di gali. Namun, kotor. Mau atau tidak, seperti itulah kenyataannya," kata Adnan.
 
Safruddin atau Aco, juga mengatakan hal yang sama. Korban bencana banjir di pengungsian butuh air bersih.
 
Pantauan di lapangan, sarana pendukung atau penampung air telah tersedia di lokasi pengungsian seperti di depan posko ACT. Namun, tandon yang tersedia tidak ada air di dalamnya. Selain air, warga juga butuh makanan dan minuman. Bantuan logistik mulai didistribusikan ke desa tersebut. Bantuan logistik itu dari relawan, LSM dan sebagian dari pemerintah.
 
"Kami juga menunggu bantuan dari pemerintah, termasuk untuk evakuasi isi rumah," sebut Gasim. Korban terdampak banjir bersedia di relokasi, bila pemerintah menyediakan lahan dan bangunan yang layak.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif