Banjir di Perumahan Bumi Nasio Indah, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat. Antonio/Medcom.id
Banjir di Perumahan Bumi Nasio Indah, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat. Antonio/Medcom.id

Pemkot Bekasi Segera Tambah Pompa dan Polder

Nasional bencana banjir
Antonio • 27 Februari 2020 21:00
Bekasi: Pemerintah Kota Bekasi segera menambah pompa dan membangun polder air di sepanjang Kali Cakung untuk mengatasi banjir di Komplek Dosen IKIP dan Perumahan Bumi Nasio Indah, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat. Kedua perumahan ini kerap banjir.
 
Ketinggian air di Kompleks Dosen IKIP mencapai 180 sentimeter. Sedangkan di Perumahan Bumi Nasio Indah ketinggian air mencapai 200 sentimeter pada Selasa, 25 Februari 2020.
 
Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, mengatakan penanganan banjir harus dilakukan dari hulu sampai hilir. Karena, lanjut dia, Kali Cakung memiliki beban yang terus bertambah dan terdapat tata guna lahan berbeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang ada (solusi) adalah perkuatan terkait dengan jumlah pompa yang ada. Kemudian juga kita sudah menetapkan lokasi yang ditetapkan sebagai polder," kata dia di Bekasi, Kamis 27 Februari 2020.
 
Baca:Pemkot Bekasi Data Korban Banjir untuk Salurkan Bantuan
 
Tri mengungkap telah menemukan sejumlah lokasi yang akan dibangun polder. Perencanaan luasan berbeda-beda, mulai seribu meter persegi hingga tiga hektare.
 
"Kemudian yang lebih utama adalah Kali Cakung ini muaranya ke BKT (Banjir Kanal Timur). Sementara BKT cukup tinggi level airnya, sehingga air yang dari Kota bekasi keluarnya juga mengantre. Belum lagi ditambah air laut yang berbalik, pasang, ini juga menyebabkan terjadinya antrean air," paparnya.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif