ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Seluruh Rumah Sakit di Brebes Jadi Rujukan Pasien Korona

Nasional Virus Korona
Kuntoro Tayubi • 24 Maret 2020 09:23
Brebes: Seluruh Rumah Sakit di Brebes disiapkan menjadi rujukan untuk antisipasi pasien virus korona covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Sartono menjelaskan terdapat 12 rumah sakit swasta dan dua rumah sakit pemerintah yang siap menjadi rumah sakit rujukan.
 
"Namun dia akan mengambil tenaga dari puskesmas sebagai salah satu opsi yang bisa dilakukan jika terjadi kekurangan sumber daya manusia," kata Sartono di Brebes, Selasa, 24 Maret 2020.
 
Sartono menjelaskan permasalahan yang dihadapi saat ini adalah kurangnya alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan dan sumber daya manusia untuk berjaga-jaga jika terjadi ledakan pasien korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta Pemerintah Daerah Brebes selalu siap dan waspada mengingat Kabupaten Brebes berada di daerah perbatasan.
 
"Siapkan seluruh kekuatan. Mana rumah sakit swastanya, bagaimana jika terjadi outbreak, hotel mana yang disiapkan, SDM nya mau kemana, outlet service juga harus ada," kata Ganjar.
 
Ganjar juga meminta semua aparat responsif terhadap keluhan virus korona yang dialami warganya. Untuk memaksimalkan pelayanan, Pemda Brebes juga diminta untuk menyiapkan anggaran khusus virus korona.
 
"Khusus Dinkes, tolong siapkan kebutuhannya masukkan di APBD Perubahan," jelas Ganjar.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif