Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Purbalingga Sanksi ODP Rp500 ribu yang Berpesiar

Nasional Virus Korona
Liliek Dharmawan • 28 Maret 2020 20:33
Purbalingga: Pemerintah Kabupaten Purbalingga menyiapkan gelang identitas untuk warga yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) korona (covid-19). Para ODP harus menjalani isolasi mandiri, atau dikenakan denda Rp500 ribu bila mencopot gelang, keluar kawasan isolasi, bahkan berjalan-jalan.
 
"Para ODP di Purbalingga wajib menggunakan helang yang telah disiapkan," ujar Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, melansir Media Indonesia, Sabtu, 28 Maret 2020.
 
Dyah menekankan penggunaan gelang identitas untuk ODP penting, untuk menekan angka penyebaran covid-19. Dia menegaskan status ODP otomatis disandang untuk warga pendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Balita di Purbalingga Positif Korona Sepulang dari Jakarta
 
"Sampai sekarang tidak ada larangan untuk masuk ke Purbalingga, hanya saja mereka harus menggunakan gelang. Karena lima kasus positif covid-19 berasal dari para pendatang yang mudik ke Purbalingga," ujar Dyah.
 
Dia menekankan ODP yang mencopot gelang atau berjalan-jalan, akan dikenai sanksi denda. Pihaknya telah membentuk gugus tugas yang memantau perbatasan hingga desa.
 
"Sehingga nantinya akan dapat efektif pemantauannya. Apalagi sekarang ada 968 ODP di Purbalingga," jelasnya.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif