NEWSTICKER
Gerbang Kampus UGM. Medcom.id/Mustaqim (Ahmad Mustaqim)
Gerbang Kampus UGM. Medcom.id/Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

UGM Tetapkan Status Awas Hadapi Virus Korona

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 16 Maret 2020 22:13
Yogyakarta: Rektor UGM, Panut Mulyono, menetapkan status awas di kampusnya. Panut mengeluarkan Surat Edaran Rektor bernomor 1606/UN1.P/HKL/TR/2020 tentang Tanggap Darurat Covid-19 di Lingkungan UGM, Senin, 16 Maret 2020.
 
Panut menyatakan kebijakan itu diambil dengan mempertimbangan penyebaran wabah virus korona (Covid-19) di sejumlah negara dan Yogyakarta. “Status awas (di UGM) agar melakukan tanggap darurat penanganan covid-19,” kata Panut.
 
Situasi ini merupakan peningakatan status usai Panut menetapkan status siaga darurat covid-19 lewat surat edaran serupa. Selain itu, pihaknya telah meminta civitas akademik untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Minimalisasi aktivitas di luar rumah dan hindari kerumunan. Hingga saat ini belum ada staf, mahasiswa ataupun tenaga pendidik UGM yang positif korona,” kata dia.
 
Baca:Guru Besar UGM Masuk ICU RSUP Dr Sardjito
 
Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM, Paripurna Poerwoko Sugarda, mengatakan seluruh kegiatan perkliahan tatap muka telah ditiadakan sementara. Kuliah tatap muka itu diganti dengan sistem online sesuai yang disepakati pengajar dan mahasiswa.
 
“UGM memberikan kebebasan dosen memakai media online yang ada, termasuk sekalipun merekam kuliahnya disampaikan email atau youtube,” ujarnya.
 
Menurut Paripurna, penetapan status awas ini bukan semata melihat penyebaran virus korona di DIY, namun secara nasional. Setidaknya, lebih dari 130 orang yang telah dinyatakan positif korona.
 
“Lalu perilaku jumlah suspect kelihatan. UGM kampus berdekatan (RSUP Dr) Sardjito. Cepat atau lambat, Sardjito menjadi tempat treatmen adanya suspect,” ujar mantan Dekan Fakultas Hukum UGM itu.
 
Ia belum mengetahui sampai kapan penetapan status awas di UGM. Paripurna mengatakan situasi akan diperbarui sesuai perkembangan yang sangat dinamis.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif