Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. MI/Susanto
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. MI/Susanto

PDP di Sumatra Barat Turun Jadi Empat Persen

Nasional Virus Korona
Cindy • 12 Mei 2020 19:00
Jakarta: Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Sumatra Barat (Sumbar) terus menurun. Hal ini dampak dari kebijakan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).
 
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan sebelum penerapan PSBB, jumlah PDP di daerahnya ada 14 persen. Ketika PSBB mulai diterapkan, angka PSBB kembali menurun menjadi 12 persen, dan sekarang tinggal empat persen.
 
"Jadi PDP menurun pada PSBB ini," kata Irwan saat mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Jakarta, Selasa, 12 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 12 Orang di Sumbar Positif Terjangkit Covid-19
 
Irwan mengungkap Pemprov Sumbar telah mengikuti arahan Presiden untuk melakukan tes covid-19 secara cepat dan masif. Sejak 23 Maret 2020, pemeriksaan covid-19 sudah dilakukan di Laboratorium Biomedik Universitas Andalas Padang.
 
"Sudah sembilan ribu lebih spesimen yang kita periksa di laboratorium tersebut. Satu hari kita bisa memeriksa 758 spesimen dan rata-rata perhari 300 spesimen," kata dia.
 
Laboratorium Biomedik Universitas Andalas Padang, kata dia, mampu mengeluarkan hasil pemeriksaan spesimen PDP dalam waktu enam jam. Bila pasien dinyatakan positif, pihaknya langsung melakukan tracking terhadap orang yang kontak langsung dengan pasien.
 
"Kalau yang orang dalam pemantauan (ODP) dan orang tanpa gejala (OTG) mungkin bisa 24 jam dan itupun kalau tahu positif langsung kita tracking," ujar Irwan.
 
Dia menuturkan pihaknya dapat menemukan 50 hingga 500 orang yang kontak langsung dengan satu pasien covid-19 melalui skema tracking. Tracking secara masif diharapkan bisa mengendalikan dan mencegah kasus baru pasien positif covid-19 di Sumbar.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif