Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

20 ABK yang Hilang di Perairan Sulteng Ditemukan Selamat

Nasional kecelakaan kapal
Antara • 20 Mei 2020 11:59
Palu:Sekitar 20 anak buah kapal (ABK) KM GGM yang hilang kontak di perairan Tinombo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah atau perairan Teluk Tomini ditemukan selamat. KM GGM sempat hilang kontak saat melakukan kegiatan tangkap ikan di perairan tersebut.
 
Kepala Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan Palu Basrano, mengatakan kapal nelayan KM GGM mengalami mati mesin di tengah laut. Akibat cuaca buruk, kapal terombang-ambing
semakin bergeser ke luar hingga akhirnya hilang kontak. Saat ditemukan seluruh ABK dinyatakan selamat dan dalam kondisi sehat.
 
"Dari laporan yang kami terima, kapal penangkap ikan ini berhasil di temukan crew KM Lintas Bahari pada Selasa dini hari sekitar Pukul 01.00 WITA di Perairan Teluk Tomini," kata Basrano, Rabu, 20 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia memaparkan sekitar Pukul 08.00 WITA KM GGM berhasil sandar di pelabuhan Tinombo dibantu KM Lintas Timur yang sejak Senin, 18 Mei kemarin bergerak melakukan pencarian.
 
Kapal berukuran 25 meter itu dilaporkan hilang sejak dua hari lalu. Kapal yang dilaporkan membawa 20 ABK tersebut mengalami mati mesin hingga hilang kontak.
 
Basarnas mengerahkan tim SAR gabungan yang terdiri dari timSAR, TNI-AL dan Polairud. Tim dilengkapi satu unit perahu karet termasuk satu kendaraan angkut personel dan alat pendukung operasi SAR lainnya.
 
"Pada pukul 05.30 WITA tim melakukan persiapan operasi SAR dan rencananya menggunakan satu unit kapal milik nelayan setempat, namun pada pukul 05.40 WITA tim menerima informasi bahwa KM GGM telah di evakuasi menuju ke darat," paparnya.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif