Ilustrasi. Calon pekerja migran Indonesia asal Indramayu yang gagal berangkat menjalani pemeriksaan kesehatan. Medcom.id-Ahmad Rofahan.
Ilustrasi. Calon pekerja migran Indonesia asal Indramayu yang gagal berangkat menjalani pemeriksaan kesehatan. Medcom.id-Ahmad Rofahan.

Puluhan Pekerja Migran Tiba di Semarang

Nasional Virus Korona
Mustholih • 18 Mei 2020 15:51
Semarang: Gelombang pekerja migran Indonesia mulai masuk wilayah Jawa Tengah. Mereka kembali ke kampung halaman di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
Para pekerja migran asal Jateng tiba di Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang, pukul 10.00 WIB. Manajer Utama Bandara Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanto, menyebut ada 52 pekerja migran tiba di Semarang melalui jalur udara.
 
"Sebenarnya hari ini ada 57 orang yang tiba di Bandara Jenderal Ahmad Yani. 52 warga negara Indonesia dan lima orang warga negara Malaysia," kata Hardi, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 18 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mencegah penyebaran virus korona, Bandara Ahmad Yani menerapkan protokol kesehatan ke masing-masing pekerja migran. Suhu tubuh dan dokumentasi kesehatan mereka diperiksa petugas, setelah turun dari pesawat.
 
"Kita lakukan rapid test. Sambil menunggu rapid test kita karantina di Srondol," ujar Hardi.
 
Baca:132 Ribu WNI Kembali ke Tanah Air
 
Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Tengah, Ahmad Azis, mengatakan kebanyakan pekerja migran yang pulang hari ini merupakan warga Pati, Jateng. Namun, ada pula berasal dari Kendal dan Grobogan.
 
"Gelombang mudik pekerja migran asal Jateng akan berlangsung sampai 23 Mei 2020, tiba melalui pelabuhan dan bandara," jelas Azis.
 
Azis mengatakan kebanyakan para pekerja migran pulang kampung karena mendapat cuti kerja. Dia mengatakan libur Lebaran jadi momen para pekerja migra untuk bisa pulang kampung.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif