Dampak banjir bandang di Luwu Utara, Sulawesi Selatan. (Foto: ANTARA/Indra)
Dampak banjir bandang di Luwu Utara, Sulawesi Selatan. (Foto: ANTARA/Indra)

Sungai Suli Perlu Normalisasi Cegah Banjir di Luwu

Nasional banjir
Antara • 14 Juli 2020 19:22
Makassar: Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyarankan agar sungai Suli di Kabupaten Luwu, dilakukan normalisasi sebagai upaya pencegahan banjir.
 
Menurut dia, normalisasi wajib dilakukan dengan melibatkan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan. Ia menilai persoalan tersebut bukanlah pekerjaan sepele.
 
"Kehutanan perlu sisir di hulu, alih fungsi lahan dan penebangan perlu diintervensi baik pengawasan yang ketat maupun penataan dan penghijauan kembali," ujarnya, saat meninjau sungai Suli, Kabupaten Luwu, melansir Antara, Selasa, 14 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, lurah di Kecamatan Suli, Sukmawati Gusalim, mengaku daerahnya sudah dilanda banjir sebanyak enam kali dalam dua bulan. Terakhir, terjadi sepekan lalu yang mengakibatkan puluhan desa di Kabupaten Luwu terendam.
 
Baca juga:Ganjar Pertanyakan Status Zona Hitam Covid-19 Solo
 
Desa yang terendam banjir tersebar di empat kecamatan bagian selatan Kabupaten Luwu, seperti Kecamatan Suli, Suli Barat, Kecamatan Larompong, dan Kecamatan Larompong Selatan.
 
Banjir bandang yang merendam dua kecamatan di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, terjadi pada Senin malam, 13 Juli 2020. Sebanyak 10 orang dilaporkan meninggal akibat peristiwa itu.
 
Banjir yang datang diketahui bercampur pasir dan lumpur. Sejumlah rumah warga terendam bahkan banjir menutup akses jalan utama masyarakat.

 

(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif