Wali Kota Malang, Sutiaji. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)

SMPN 16 Kota Malang Akan Dijatuhi Sanksi

Nasional bullying perundungan
Daviq Umar Al Faruq • 06 Februari 2020 12:25
Malang: Wali Kota Malang, Sutiaji, memastikan bakal menjatuhkan sanksi kepada SMPN 16 Kota Malang, Jawa Timur. Hal itu dilakukan pascadugaan perundungan yang menyebabkan salah satu siswa terluka secara fisik maupun mental.
 
"Harus ada punishment ke SMPN 16. Saya serahkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berkoordinasi dengan Inspektorat. Proses selanjutnya sesuai aturan dan mekanisme yang ada di dinas itu," kata Sutiaji, Kamis, 6 Februari 2020.
 
Sutiaji menilai SMPN 16 Kota Malang lalai hingga menyebabkan salah satu anak didik, MS, 13, harus mendapatkan perawatan medis di rumah sakit akibat dugaan tindak perundungan. Sanksi akan didasarkan pada PP Nomor 53 Tahun 2010 terkait Disiplin PNS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekolah ini kan keliru. Masak begini. Bukti kejadian yang sudah disampaikan itu sederhana, tapi kenyataan di lapangan anak ini sakitnya begitu (parah)," bebernya.
 
Sutiaji bahkan datang langsung ke SMPN 16 Kota Malang untuk mengklarifikasi dugaan kasus perundungan yang terjadi pada Senin, 3 Februari 2020. Sekolah hanya memberikan keterangan peristiwa dugaan kekerasan terhadap MS merupakan kejadian yang tidak disengaja dan candaan.
 
"Sebenarnya antarkeluarga enggak mempermasalahkan. Tapi ini kan jadi proses hukum karena terjadi kriminal. Seluruh proses hukum saya serahkan ke pihak berwajib," tegasnya.
 
Sutiaji menduga kasus perundungan yang menimpa MS diinisiasi rekan MS, yakni IL. Namun, IL mengaku hanya bergurau.
 
"Orang tua mereka dekat, keluarga IL dan MS ini bersahabat dan sering berkunjung. Yang memulai awal yang namanya IL itu. Inisiatornya IL guyonan, tapi terjadi perundungan karena ada orang banyak," pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif