Tim SAR gabungan mengevakuasi warga di Desa Rogo, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah ke tempat yang aman akibat banjir bandang pada Minggu (30/8/2021) malam. (FOTO ANTARA/HO-Basarnas Palu
Tim SAR gabungan mengevakuasi warga di Desa Rogo, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah ke tempat yang aman akibat banjir bandang pada Minggu (30/8/2021) malam. (FOTO ANTARA/HO-Basarnas Palu

170-an Jiwa Terdampak Banjir Bandang di Dolo Selatan

Nasional hujan banjir banjir bandang Bencana Banjir
Antara • 30 Agustus 2021 11:25
Parigi: Bencana banjir bandang terjadi di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, pada Minggu malam, 29 Agustus 2021. Sedikitnya, 179 warga di desa tersebut terdampak.
 
"Dari hasil asesmen tim kami di lapangan, sekitar 57 kepala keluarga (KK) terdampak banjir di Dusun I dan IV. Banjir membawa material lumpur dan potongan kayu dan batu," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palu Andrias Hendrik Johanes, di Palu, Senin, 30 Agustus 2021.
 
Ia menjelaskan, banjir bandang terjadi pada Minggu malam, 29 Agustus 2021. Bencana dipicu hujan lebat yang mengguyur wilayah itu, mengakibatkan air sungai di desa setempat meluap hingga membawa material lumpur dan potongan kayu besar serta bebatuan ke pemukiman warga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dilaporkan dari peristiwa itu tidak ditemukan korban jiwa, namun lima rumah warga setempat rusak berat," terangnya.
 
Baca:  Dua Dusun di Dolo Selatan Diterjang Banjir Bandang 
 
Sebagai upaya pertolongan kepada warga, Basarnas mengerahkan enam personel ikut membantu proses evakuasi warga ke tempat yang lebih aman. Pihaknya hingga kin imasih membantu dan melakukan pendataan terhadap warga.
 
"Setelah warga di evakuasi ke tempat yang aman dan situasi mulai kondusif, maka operasi SAR kali ini dinyatakan selesai dan seluruh unsur yang membantu di kembalikan ke kesatuan masing-masing," kata Andrias.
 
Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sigi Eddy Mills mengemukakan, sejak Minggu malam pihaknya mengerahkan alat berat untuk membantu mengatasi dampak banjir bandang di Desa Rogo.
 
"Banyak material terbawa banjir sehingga perlu di tangani dengan alat berat," katanya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif