Banjir melanda Kabupaten Aceh Selatan, Aceh. Foto: Dokumentasi BPBA.
Banjir melanda Kabupaten Aceh Selatan, Aceh. Foto: Dokumentasi BPBA.

Jalan Nasional di Aceh Selatan Mengalami Longsor dan Banjir Pascahujan

Nasional banjir longsor aceh
Fajri Fatmawati • 18 Mei 2021 10:45
Banda Aceh: Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Selatan, Aceh, mengakibatkan longsor batuan dan banjir di jalan nasional wilayah Kecamatan Tapaktuan menuju Kecamatan Pasieraja. Hujan turun sepanjang Senin siang hingga sore, 17 Mei 2021. 
 
Akibatnya, bongkahan batu besar yang jatuh ke badan jalan nasional tersebut menutupi setengah dari badan jalan. Longsor tersebut juga mengakibatkan terhambatnya aktivitas pengguna jalan nasional.
 
"Hujan yang masih menguyur wilayah Kabupaten Aceh Selatan mengakibatkan meningkatnya intensitas debit air luapan yang mengenangi beberapa Kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan," tambah Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, Selasa, 18 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terdapat lima kecamatan yang terendam banjir. Ketinggian air rata-rata mencapai 10 sentimeter hingga 70 sentimeter di area permukiman warga setempat.
 
"Untuk dampak materiel, korban terdampak dan pengungsi masih dalam pendataan," terang Ilyas.
 
Baca: Badan Jalan Nasional Takengon-Isaq di Aceh Ambruk Akibat Longsor
 
Badan Penanggulangan Bencanan Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan telah mengirim tim untuk melakukan asesmen ke lokasi bencana. Kemudian, Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Aceh Selatan terus memantau perkembangan di seluruh wilayah Aceh Selatan. 
 
"Untuk kondisi terakhir, jalan sudah bisa di lalui, air masih naik di sebagian desa dan sebagian desa ada yang sudah mulai surut," demikian keterangan BPBD Aceh Selatan. 
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif