Satlantas Polres Brebes menghentikan mobil yang dicurigai membawa pemudik di jalur penyekatan. Medcom.id/ Kuntoro Tayubi
Satlantas Polres Brebes menghentikan mobil yang dicurigai membawa pemudik di jalur penyekatan. Medcom.id/ Kuntoro Tayubi

10 Mobil Pribadi Diduga Travel Gelap Ditahan di Brebes

Nasional Mudik Lebaran Virus Korona pandemi covid-19 Protokol Covid-19
Kuntoro Tayubi • 04 Mei 2021 20:00
Brebes: 10 travel gelap ditahan saat operasi pengetatan menjelang penyekatan arus mudik Lebaran tahun 2021 di pos penyekatan jalan pantura Kecipir, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Senin malam, 3 Mei 2021. Penumpang di travel tersebut pun tak mengantongi surat bebas covid-19.
 
Travel gelap yang membawa penumpang dari wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat ini langsung ditilang oleh polisi. Mereka kedapatan membawa penumpang dengan menarik ongkos Rp200 ribu per orang. Mobil pribadi berplat nomor polisi hitam ini tak memiliki izin trayek untuk mengangkut penumpang, sehingga dianggap travel gelap.
 
Salah seorang pengemudi yang terjaring, Subekti mengaku dirinya mengantarkan penumpang dari Tangerang untuk pulang kampung ke Kediri Jawa Timur. Subekti mengaku mendapatkan uang Rp600 ribu dari tiga penumpangnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari calo saya dikasih uang Rp600 ribu untuk membawa tiga orang ke Kediri. Memang mereka tidak ada surat bebas covid-19 tapi saya sudah beberapa kali ikut rapid tes," kata Subekti, Selasa, 4 Mei 2021.
 
Baca: Pelarangan Mudik, Jumlah Penumpang Bus di Solo Turun
 
Pengemudi travel gelap lainnya, Sam'un mengaku dirinya membawa penumpang menggunakan mobil pribadi milik bosnya yang dijadikan travel. Dirinya membawa penumpang dari Kronjo, Tangerang menuju Kecamatan Wanasari, Brebes. Dalam perjalanan mudik itu, para penumpang tidak mengantongi bebas covid-19 sehingga diberhentikan di pos penyekatan Kecipir.
 
"Tidak tahu penumpang bayarnya berapa soalnya mereka langsung bayar ke bos saya. Saya cuma bawa mereka menggunakan mobil bos," ungkapnya.
 
Sejumlah kendaraan yang dicurigai sebagai travel gelap diberhentikan petugas untuk diperiksa surat kelengkapan kendaraan dan surat keterangan bebas covid-19. Hingga tengah malam, petugas berhasil menjaring sepuluh travel gelap yang mengangkut penumpang tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur.
 
Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Putri Noer Cholifah, mengatakan umumnya para pengemudi travel gelap ini menggunakan mobil pribadi plat nomor hitam untuk mengakut penumpang. Dari hasil pemeriksaan, polisi memberikan sanksi tilang kepada sepuluh pengemudi travel gelap.
 
"Pengemudi dan penumpangnya juga tidak bisa menunjukkan surat keterangan bebas covid-19. Dalam razia pengetatan mudik ini kami juga memeriksa kelengkapan surat para pemudik motor yang memadati jalur pantura Losari," ungkap Putri.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif