ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pemkot Palembang Optimalkan Perda Cegah Banjir

Nasional banjir cuaca ekstrem musim hujan bencana alam bencana banjir Mitigasi Bencana
Antara • 03 November 2020 13:47
Palembang: Pemerintah Kota Palembang, Sumatra Selatan, mengoptimalkan penegakan Peraturan Daerah (Perda) bagi warga yang membuang sampah sembarangan. Petugas Satpol PP diperintahkan lebih tegas menegakkan perda bagi siapapun yang membuang sampah sembarangan.
 
"Yang dapat mencemari lingkungan, menyumbat aliran air, dan menyebabkan banjir pada musim hujan serta masalah kesehatan," kata Sekda Palembang, Ratu Dewa, di Palembang, Selasa, 3 November 2020.
 
Baca: Pasien Covid-19 di Kota Sorong Menjadi 1.998

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan sudah saatnya dilakukan penegakan perda dan memberikan hukuman kepada pembuang sampah sembarangan untuk menjadikan Bumi Sriwijaya bersih, indah, dan layak huni.
 
Satpol PP telah menjalin kerja sama dan kesepakatan dengan pihak Pengadilan Negeri Palembang terkait optimalisasi penegakan Perda bagi pembuang sampah sembarangan.
 
Pembuang sampah sembarangan akan diamankan petugas Satpol PP dan dilakukan sidang di tempat bagi yang tertangkap tangan.
 
Tindakan hukum tersebut diharapkan bisa memberikan efek jera bagi warga Palembang dan pendatang dari berbagai daerah yang memiliki kebiasaan buruk membuang sampah tidak pada tempatnya.
 
Selain memberikan efek jera, diharapkan penegakan hukum tersebut dapat meningkatkan kesadaran warga kota ini menjaga kebersihan lingkungan dan tertib membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan.
 
"Upaya tersebut diharapkan mendapat dukungan dari semua pihak dan warga Palembang sehingga penertiban pembuang sampah sembarang dapat berjalan secara maksimal," ujar Ratu.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif