Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Dokumentasi/ Istimewa
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Dokumentasi/ Istimewa

Harga Tiket Pesawat ke Aceh Mahal, Gubernur Surati Presiden

Nasional Mudik Lebaran Penerbangan aceh Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik
Fajri Fatmawati • 28 April 2022 13:07
Banda Aceh: Gubernur Aceh Nova Iriansyah, menyurati beberapa maskapai penerbangan hingga Presiden Joko Widodo, terkait melonjaknya harga tiket pesawat dari dan ke Aceh menjelang Idulfitri 1443 hijriah.
 
"Langkah itu dilakukan terkait tingginya harga tiket pesawat untuk penerbangan dari dan ke Aceh, termasuk selama momentum mudik Lebaran ini," kata Juru Bicara Pemerintah Aceh Muhammad MTA, Kamis, 28 April 2022.
 
MTA menerangkan, menurut penelusuran, tingginya harga jual tiket pesawat itu diakibatkan hukum pasar karena tinginya permintaan. Di sisi lain jumlah maskapai yang terbang dari dan ke Aceh tidak banyak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selain itu, maskapai juga disebut masih beroperasi seperti kala tingginya kasus covid-19, padahal perjalanan orang sudah dilonggarkan oleh pemerintah," ujarnya.
 
Terkait situasi tersebut, lanjut MTA, Gubernur Aceh Nova Iriansyah telah melakukan sejumlah langkah penting, sebagai upaya menemukan solusi dari kondisi tersebut.
 
Baca: Pelabuhan Merak Dipadati Pemudik Motor, Sistem Buka Tutup Diterapkan
 
"Di antara langkah itu adalah, pada 11 April 2022, Gubernur menyurati Presiden Joko Widodo yang berisi permohonan agar Garuda Indonesia kembali melayani penerbangan dari dan ke Banda Aceh-Medan," ungkapnya.
 
Selanjutnya, pada 14 April 2022 Gubernur Aceh juga menyurati maskapai Air Asia untuk membuka kembali penerbangan rute Banda Aceh-Medan. Kemudian pada 14 April 2022 Gubernur Aceh juga menyurati Menteri Perhubungan untuk meminta dilakukan evaluasi tarif penerbangan rute Banda Aceh-Medan yang hanya dilayani satu maskapai.
 
“Secara khusus dapat kami sampaikan juga, dari informasi yang kami dapatkan dari Kementerian Perhubungan, selain lonjakan penumpang jelang Lebaran, harga avtur pesawat juga berdampak terhadap kenaikan harga tiket penumpang,” sebut MTA.
 
Lebih lanjut, MTA juga menjelaskan, Maskapai Air Asia telah menyambut baik terkait surat Gubernur Aceh itu. 
 
“Dan koordinasi lintas instansi juga sedang terus dilakukan oleh pemerintah Aceh dalam hal menyikapi penyesuaian kondisi yang kembali berangsur normal dari pandemi. Selain intervensi kementerian terkait lonjakan harga, hal terpenting lainnya adalah sesegera mungkin adanya penambahan maskapai yang beroperasi di Aceh,” jelasnya.

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif