Ilustrasi mudik lebaran - - Foto: MI/Andri Widyanto
Ilustrasi mudik lebaran - - Foto: MI/Andri Widyanto

Kemacetan di Jalur Tol Belum Berimbas di DIY

Nasional Mudik Lebaran Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Ahmad Mustaqim • 29 April 2022 15:41
Yogyakarta: Arus lalu lintas di perbatasan atau pintu masuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih normal. Kondisi tersebut masih kondusif meski saat ini mulai memasuki masa puncak arus mudik lebaran 2022.
 
"Tidak ada peningkatan (arus) lalu lintas signifikan. Pintu masuk di Prambanan dan Tempel masih dalam kondisi normal," kata Direktur Lalu Lintas Polda DIY, Komisaris Besar Iwan Saktiadi, saat dihubungi, Jumat, 29 April 2022.
 
Baca: Menhub: Rekayasa Lalu Lintas Tekan Kepadatan di Tol

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan meski kepadatan terjadi di sejumlah persimpangan di area dalam kota, namun tidak ada penumpukan kendaraan sejak kemarin. Iwan juga mengatakan kondisi serupa juga terjadi di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo dan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.
 
Menurutnya kemacetan di sejumlah ruas tol belum berimbas pada kawasan DIY. "Kemungkinan terbesar yang melaksanakan perjalanan di jalan tol itu banyak keluar di area-area yang tidak melintasi Yogyakarta atau bukan tujuannya bukan di Yogyakarta," jelasnya.
 
Menurut dia prediksi masuknya 3,9 juta pemudik dan wisatawan ada sejumlah kemungkinan. Salah satunya pemudik telah perlahan masuk sejak 23 April. Situasi itu disebut membuat kenaikan volume kendaraan saat ini tidak signifikan.
 
"Ini karena pemerintah sudah membuka pintu untuk pemudik disarankan agar tidak menumpuk pada 28-29 April," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif