Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo

Polisi Imbau Pemudik Pengendara Motor Tak Membawa Muatan Berlebih

Nasional Mudik Lebaran ramadan Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
P Aditya Prakasa • 22 April 2022 17:07
Bandung: Polda Jawa Barat mengimbau para pemudik yang menggunakan sepeda motor agar tak membawa muatan berlebih saat perjalanan. Hal itu dapat membahayakan diri sendiri juga para pengendara lainnya.
 
Kabid Humas Polda Jawa Barat, Ibrahim Tompo mengatakan, para pemudik yang menggunakan motor untuk melaksanakan mudik Lebaran 1443 Hijriah akan sangat banyak. Untuk itu dia mengimbau agar pengendara tetap tertib berlalulintas.
 
"Muatannya jangan terlalu banyak, baik orang maupun barang yang dimuatnya," kata Ibrahim di Mapolda Jawa Barat, Kota Bandung, Jumat, 23 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan, muatan yang dimaksud yakni baik penumpang atau barang. Karena jika membawa muatan yang berlebihan, berpontensi membahayakan perjalanan.
 
"Kemudian pada saat berjalan, sangat hati-hati dan waspada dengan kendaraan lain," kata dia.
 
Baca: Lagi, Polisi Ringkus Perusak Bus Trans Mamminasata Makassar
 
Dia meminta kepada masyarakat yang akan mudik menggunakan sepeda motor agar mempersiapkan kendaraannya. Sebab tak jarang pemudik sepeda motor juga memiliki tujuan dengan jarak yang cukup jauh.
 
Para pemudik sepeda motor, menurutnya hanya bisa menggunakan jalur arteri pada umumnya. Di Jawa Barat, kata Ibrahim, ada tiga jalur arteri untuk arus mudik yakni jalur utara, jalur tengah, dan jalur selatan.
 
Sehingga, kata dia, para pemudik yang menggunakan jalur arteri tidak akan terkena kebijakan ganjil-genap atau one way. Karena rekayasa lalu lintas akan menyesuaikan dengan kondisi arus di lapangan.
 
"Pemudik juga bisa beristirahat di pos-pos rest area yang tersedia di sejumlah titik jalur mudik di Jawa Barat," kata Ibrahim.

 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif