Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Kerugian Akibat Bencana di Limapuluh Kota Rp51 Miliar

Nasional bencana alam
Antara • 14 Desember 2019 14:38
Sarilamak: Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat, menaksir kerugian akibat banjir dan longsor mencapai Rp51,85 miliar. Kerugian mencakup infrastruktur, lahan pertanian, dan perikanan.
 
"Hitungan sementara itu kerugian mencapai Rp51,85 miliar yang mana kerusakan infrastruktur umum masih mendominasi kerugian, yakni Rp42.5 miliar," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota Jhoni Amir di Sarilamak, Sabtu, 14 Desember 2019.
 
Dia menerangkan kerugian sebesar Rp9 miliar terjadi di sektor pertanian. Dia merinci kurang lebih 1.533 hektare lahan pertanian terdampak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak juga yang harus mengalami gagal panen karenanya," imbuhnya.
 
Dia melanjutkan sektor perikanan juga terganggu karena bencana. Dia mengungkap total kerugian mencapai Rp350 juta.
 
"Hampir sama dengan lahan pertanian, banyak juga kolam-kolam perikanan kita yang digenangi air, otomatis ikan-ikan tidak ada lagi di kolam," ujarnya.
 
Dia menjelaskan total kerugian masih dihitung, tim masih melakukan pendataan. Dia mengaku masa tanggap darurat masih berlangsung hingga 16 Desember 2019.
 
"Banjir sudah surut, namun sisa lumpur masih ada. Alhamdulillah semenjak kemarin itu tidak ada lagi hujan dengan intensitas tinggi dan lama, sehingga bisa dikatakan saat ini semuanya berangsur normal," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif