Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Medcom.id/Damar Iradat

Emil Berencana Pindahkan Ibu Kota Jabar

Nasional ridwan kamil Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat
Roni Kurniawan • 29 Agustus 2019 14:13
Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana memindahkan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat dari Kota Bandung. Bahkan wacana itu telah mendapat kesepakatan dengan DPRD Provinsi Jawa Barat.
 
Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, wacana pemindahan Ibu Kota Jabar saat menggelar rapat pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jabar bersama Pansus VII pekan lalu. Dalam rapat tersebut terdapat beberapa kesepakatan antara lain penataan jalur transportasi dan wacana pemindahan pusat Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
 
"Kemarin RTRW Jabar sudah disahkan, untuk sampai 2029. Termasuk persetujuan wacana pusat pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi," kata Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis, 29 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Emil mengaku seluruh wilayah di Jabar memiliki peluang untuk menjadi ibu kota. Akan tetapi saat ini terdapat tidak lokasi yang telah diusulkan yaitu di Tegalluar di Kabupaten Bandung, Walini di Kabupaten Bandung Barat, dan di wilayah Cirebon, Patimban, Majalengka (Rebana).
 
"Ada di Tegalluar, Walini, atau Rebana juga. Terbuka sebenarnya, tapi sementara tiga tempat itu," sambungnya.
 
Namun diakui Emil, pemilihan ibu kota baru bagi Jabar masih membutuhkan kajian lebih lanjut yang menyangkut beberapa aspek salah satunya tingkat ekonomi.
 
"Indikatornya, semua kemungkinan butuh kajian, minim risiko, aksesibilitas, tingkat ekonomi, ketersediaan air dan lain-lain," pungkas mantan Wali Kota Bandung ini.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif