NEWSTICKER
ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Penanganan Pasien Korona di DIY Disiapkan Terkonsentrasi

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 23 Maret 2020 15:23
Yogyakarta: Gubernur daerah istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengatakan pihaknya akan menyiapkan sistem terkonsentrasi penanganan warga yang positif terjangkit virus korona. Langkah ini akan diambil demi fokusnya penanganan.
 
"Kami mencoba menentukan untuk mengisolasi bagi mereka yang positif di satu tempat," kata Sri Sultan di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Senin, 23 Maret 2020.
 
Sri Sultan menjelaskan saat ini pemerintah tengah menyiapkan Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) Hardjolukito di Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. RSPAU Hardjolukito tengah menyiapkan kamar baru untuk menambah daftar ruang isolasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami sedang berproses untuk meminta rumah sakit Hardjolukito yang sedang membangun kamar baru bisa menjadikan tempat terkonsentrasi bagi mereka sebelumnya berada di beberapa rumah sakit," jelas Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini.
 
Dengan rencana itu, penanganan pasien terjangkit virus korona akan terkonsentrasi di RSUP Dr Sardjito dan RSPAU Hardjolukito. Menurut Sri Sultan, konsentrasi di dua rumah sakit akan membuat sejumlah kemudahan.
 
"Adanya sumber daya perawat dan peralatan kesehatan bisa terkonsentrasikan, tidak menyebar, sehingga kami tak kesulitan mengonsolidasi potensi. Dengan itu semoga dokter dan perawat tidak terlalu capek," ungkap Sri Sultan.
 
Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembayun Setyaning Astutie, menyatakan sudah melakukan sejumlah komunikasi untuk menjalankan hal tersebut. Pihaknya masih melihat seberapa besar kuota total jumlah ruang isolasi.
 
"Kita lihat, rumah sakit-rumah sakit yang sudah merawat punya kewenangan apa. Tugasnya nanti bagaimana. Kita lihat tingkat keparahatan (pasien), harus pakai ventilator dan sebagainya," kata Pembayun.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif