Ilustrasi petugas menyemprotkan disinfektan pada kios pasar yang tutup selama PSBB. Medcom.id/Christian
Ilustrasi petugas menyemprotkan disinfektan pada kios pasar yang tutup selama PSBB. Medcom.id/Christian

6 Ribu Karyawan Pasar Baru Kota Bandung Terlantar

Nasional Virus Korona umkm
Roni Kurniawan • 18 Mei 2020 15:26
Bandung: Sebanyak enam ribu karyawan Pasar Baru Kota Bandung terlantar sejak pandemi covid-19 (korona) dalam tiga bulan terakhir. Mereka tak kunjung mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Pemerintah Kota Bandung.
 
Ketua Perkumpulan Pedagang Pasar Baru Trande Center (P3BTC) Bandung, Wawan, mengatakan pihaknya sudah berupaya meminta bantuan kepada Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung bagi karyawan yang terdampak korona. Namun usulan bantuan tersebut tak mendapat respons sejak sebulan lalu meski telah dilayangkan secara resmi.
 
"Saya ngajuin sembako untuk karyawan. Di sini itu karyawan hampir enam ribu. Saya mengajukan sudah hammpir sebulan, mana? tidak ada," kata Wawan saat dihubungi Medcom.id via telepon seluler, Senin, 18 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wawan mengaku telah berupaya agar karyawan mendapatkan bantuan. Namun hingga kini, tak ada kejelasan baik dari Pemprov Jabar maupun Pemkot Bandung untuk menyalurkan bantuan sembako.
 
"Padahal di pusat itu jelas-jelas membantu, tapi kenyataannya instruksi gubernur jangan sampai ada yang lapar.Tapi orang sudah pada lapar sekarang," keluhnya.
 
Hal itu pun yang mendorong para pedagang di Pasar Baru akan kembali berkativitas pada Rabu, 20 Mei nanti setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat Jabar berakhir pada Selasa besok, 19 Mei. Karyawan yang terdampak bisa kembali berpenghasilan.
 
"Kita mengirimkan surat permohonan agar pada 20 Mei nanti bisa buka, karena kita sudah tidak dapat penghasilan lagi setelah tutup hampir tiga bulan," tegasnya.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif