NEWSTICKER
Ilustrasi Stasiun Malang, Kota Malang, Jawa Timur. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq
Ilustrasi Stasiun Malang, Kota Malang, Jawa Timur. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq

Penumpang Kereta Api di Malang Turun 64 Persen

Nasional Virus Korona
Daviq Umar Al Faruq • 20 Maret 2020 18:21
Malang: Penumpang kereta api (KA) di Stasiun Malang, Kota Malang, Jawa Timur, mengalami penurunan 64 persen akibat penyebaran wabah virus korona covid-19.
 
Wakil Kepala Stasiun Malang, Moch Nur Ghozuli, mengatakan penurunan penumpang mulai terlihat sejak Senin, 16 Maret 2020 lalu. Pada hari biasa jumlah penumpang rata-rata sekitar 5.886 penumpang per hari.
 
"Dari rata-rata per hari 5.886 penumpang yang turun di Stasiun Malang, jadi 1.888 penumpang per hari. Penurunan 64 persen," kata GHozuli saat fikonfirmasi, Jumat, 20 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ghozuli menjelaskan penumpang yang naik dari Stasiun Malang Kota Baru mengalami penurunan 40 persen. Dari rata-rata per hari sebanyak 5.392 penumpang menjadi 3.381 penumpang.
 
"Masyarakat sepertinya memang sedang menjalankan instruksi pusat agar tak bepergian jauh," jelas Ghozuli.
 
Disisi lain penurunan jumlah penumpang ini juga merupakan imbas penetapan Malang sebagai zona merah covid-19. Sebab ada satu pasien positif korona di Kota Malang dan satu di Kabupaten Malang.
 
Hal itu berdampak juga pada pembatalan tiket perjalanan atau refund. Pada 17 Maret 2020, ada sebanyak 1.171 tiket yang dibatalkan dan keesokan harinya sebanyak 1.110 tiket dibatalkan.
 
"Padahal biasanya hanya puluhan tiket saja yang dibatalkan," pungkas Ghozuli.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif