ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

RSUD Depok Memperketat Pemeriksaan Kesehatan Pasien

Nasional Virus Korona
Octavianus Dwi Sutrisno • 23 Mei 2020 12:19
Depok: RSUD Kota Depok melakukan evaluasi terhadap pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan para perawat. Pengawasan intensif juga dilakukan terhadap pasien-pasien yang datang ke RSUD Kota Depok.
 
Direktur Umum RSUD Kota Depok, Devi Mayori, mengatakan usai ditemukannya 15 petugas medis yang terpapar virus korona, pihaknya memperketat pengecekan kesehatan di pintu masuk RSUD.
 
"Sesuai hasil rapat, akan ada pengetatan SOP pengecekan kesehatan mulai dari pintu masuk di screening," kata Devi kepada Medcom.id, Sabtu, 23 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Poliklinik Kota Depok Ditutup Sementara
 
Devi menjelaskan belasan petugas kesehatan yang positif terpapar korona tersebut bertugas di Poliklinik umum RSUD Depok. Selama menangani pasien, mereka menggunakan APD sesuai SOP yang berlaku.
 
"Ya sudah sesuai protokol kan untuk SOP pemakaian ini terbagi menjadi beberapa level sesuai dengan zona (penempatan tugas)," jelas Devi.
 
Menurutnya kemungkinan virus tersebut menyebar ketika petugas poliklinik tengah memeriksa seorang pasien berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Pasien itu tidak memberitahu gejala-gejala yang dialami sejak awal.
 
"Karena yang datang ke Poliklinik bukan pasien covid-19, mereka datang mengontrol penyakit mereka mungkin dari pasien tersebut menular ke perawat lalu menyebar ke perawat lainnya," ungkap Devi.
 
Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan RSUD Depok dan hingga saat ini poliklinik di RSUD ditutup hingga 14 hari kedepan.
 
"Yang ditutup itu Polikliniknya saja, kurang lebih ada 19. Kalau RSUD tetap buka, belasan perawat yang positif juga sudah diisolasi," kata Novarita.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif