Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Calon Independen Diimbau Meminta Akun Silon

Nasional Pemilu Serentak 2020
Farhan Dwitama • 05 Februari 2020 11:48
Tangerang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan, meminta calon independen yang maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) segera meminta akun pendaftaran sistem informasi calon (Silon). Selain juga harus memegang dukungan minimal dari 71.143 pemilih disertai pernyataan dukungan.
 
"Bukti tersebut diberikan secara digital dengan mengunggah di aplikasi Silon, serta berbentuk fisik menyerahkan bukti KTP dan surat pernyataan ke KPU," kata Komisioner KPU Tangsel Bidang Sosialisasi Ade Wahyu Hidayat, Rabu, 5 Februari 2020.
 
Ia menjelaskan pendaftaran calon perseorangan untuk Pilkada Tangsel, mulai dibuka pada 18-22 Februari 2020. Menurut dia, lima hari yang disediakan itu, cukup merepotkan bagi calon perseorangan untuk mengunggah data KTP pendukung yang berjumlah minimal 71.143.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Maka kami persilakan bagi calon perseorangan untuk meminta akun Silon. Calon yang akan maju hanya perlu mendapatkan surat keterangan LO (penghubung) yang ditunjuk untuk mengambil akun Silon ke kami. Sampai saat ini belum ada satu pun yang meminta akun itu ke kami," ucap dia.
 
Akun Silon, kata Ade, memudahkan calon perseorangan melengkapi syarat administrasi. KPU pun akan lebih mudah memverifikasinya.
 
"Jika sudah sama dan sesuai antara jumlah fisik dan daring, selanjutnya kita lakukan verifikasi faktual dari data KTP dukungan yang diberikan. Dengan begitu dia bisa maju Pilkada Tangsel secara independen," jelasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif