Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara (Sulut). (Foto; ANTARA/Nancy Lynda Tigauw)
Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara (Sulut). (Foto; ANTARA/Nancy Lynda Tigauw)

Pembangunan Bandara Sam Ratulangi Rampung Akhir 2020

Nasional penerbangan
Antara • 03 Februari 2020 13:06
Manado: Pembangunan Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara (Sulut), ditargetkan rampung pada Desember 2020. Kunjungan wisatawan baik lokal maupun internasional membuat Bandara Samrat berbenah.
 
"Perpanjangan runway dan terminal Bandara Samrat yang menelan anggaran sebesar Rp477 miliar ini direncanakan selesai akhir tahun," kata General Manager AP I Bandara Sam Ratulangi, Minggus Gandeguai, melansir Antara, Senin, 3 Februari 2020.
 
Menurut Minggus, pembenahan Bandara Sam Ratulangi bagian dari pengembangan sektor wisata. "Pemerintah menilai sektor pariwisata akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi lagi," ungkapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia melanjutkan perluasan Bandara Sam Ratulangi mencakup areal seluas 30 ribu meter persegi.
Tak hanya perluasan, proyek pembangunan juga mencakup berbagai fasilitas pendukung yang akan dikerjakan oleh PT Adhi Karya sebagai perusahaan pemenang tender.
 
"Perluasan terminal dengan luasan 30 ribu meter persegi, khusus untuk terminal internasional. Dengan demikian kapasitas bandara akan meningkat, dari 2,6 juta penumpang menjadi 5,7 penumpang per tahun," jelas dia.
 
Selain area bandara, fasilitas loket untuk penumpang juga akan ditambah dari 32 menjadi 52 unit. Kemudian area parkir akan diperluas hingga mampu menampung 650 kendaraan.
 
"Kami berharap bisa selesai tepat waktu. Sebagaimana komitmen saya kepada pemerintah daerah bahwa perluasan akan selesai di pengujung tahun dan menjadi kado bagi masyarakat pada saat merayakan natal," imbuh dia.
 
Manager Operasional dan Project Manager PT Adhi Karya Purwadi Hendro menambahkan pihaknya akan bekerja secara profesional.
 
"AP 1 telah memberikan amanah pekerjaan. Hal itu akan kita kerjakan sebaik-baiknya sehingga selesai pada waktu yang ditetapkan," kata dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif