ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Penutupan Kantor Disdukcapil Kulon Progo Diperpanjang Sepekan

Nasional Virus Korona Pencegahan Covid-19 Protokol Covid-19
Ahmad Mustaqim • 18 November 2020 12:55
Kulon Progo: Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperpanjang masa penutupannya karena kemunculan klaster covid-19. Dari semula hanya tiga hari diperpanjang hingga sepekan.
 
"Berkaitan dengan itu kami melakukan perpanjangan penutupan kantor Disdukcapil yang sebelumnya berlaku selama tiga hari sampai Rabu (18 November), maka diperpanjang sampai Jumat (20 November)," kata Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk Penanganan Covid-19, Baning Rahayujati, saat dihubungi, Rabu, 18 November 2020.
 
Baca: 15 Pegawai PDAM Tirtawening Kota Bandung Positif Covid-19, 1 Meninggal

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baning menjelaskan kebijakan itu diambil untuk proses penelusuran kontak erat dengan total 27 kasus. Selain itu kantor tersebut juga terus didisinfektan.
 
"Tracing di kantor dan disinfeksi masih dilakukan. Nanti akan kami lihat lagi perkembangan di lapangan," jelasnya.
 
Ia mengungkapkan disinfeksi dilakukan berulang-ulang karena penularan virus tersebut meluas. Di sisi lain tracing kasus menjangkau hampir semua pegawai di kantor tersebut.
 
"Bagi kontak erat yang sudah melakukan swab test tapi hasilnya belum keluar kami minta menjalani WFH (work from home/bekerja dari rumah). Setelah hasil keluar maka baru diputuskan, jika negatif bisa masuk kerja kembali," ungkapnya.

Diskominfo Kulon Progo Bisa Menyusul

Baning mengatakan kasus penularan covid-19 juga terjadi di Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Kulon Progo. Kasus penularan di kantor yang berada di timur Alun-alun Wates itu masih dalam penelusuran.
 
"Untuk kantor lain ada satu kasus dari Diskominfo, untuk pegawai Kominfo yang belum diswab, diikutkan swab," kata Baning.
 
Ia menduga kasus di Diskominfo memiliki keterkaitan dengan Disdukcapil. Sebab pegawai Diskominfo sempat kontak erat dengan kasus positif covid-19 Disdukcapil, sebelum acara di Commandroom Center Diskominfo Kulon Progo.
 
"Sehingga ada kemungkinan sebelum acara itu, antara pegawai Kominfo yang positif dengan pegawai Disdukcapil sempat ketemu untuk membahas kegiatan. Kita lihat di Kominfo kalau ada penularan maka kebijakannya seperti di Dukcapil. Penutupan hanya akan dilanjutkan jika terbukti ada penularan di sana," ungkapnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif