Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, saat berbicara pada Hari Guru Nasional, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 30 November 2020. (Foto: Istimewa)
Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, saat berbicara pada Hari Guru Nasional, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 30 November 2020. (Foto: Istimewa)

Guru di Sulsel Mulai Dites Swab Jelang KBM Tatap Muka

Nasional Virus Korona Metode Pembelajaran tes virus korona
Muhammad Syawaluddin • 30 November 2020 15:47
Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mulai melakukan tes swab terhadap seluruh guru jelang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka pada Januari 2021.
 
"Hari ini kita mulai launching swab kepada seluruh sekolah dan akan dilanjutkan di seluruh Sulsel," kata Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, Senin, 30 November 2020.
 
Nurdin Abdullah mengatakan untuk tahap awal pihaknya akan melakukan tes swab terhadap seluruh guru di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Langkah itu sebagai upaya untuk meyakinkan siswa dan wali murid bahwa guru yang terlibat dalam KBM dipastikan tidak memiliki gangguan kesehatan. 
 
"Pembuktian bahwa kita betul-betul meyakinkan anak-anak, guru-guru kita sehat, termasuk juga orang tua. Karena kita tahu orang tua punya kekhawatiran yang luar biasa," jelasnya. 
 
Baca juga: Alat Penetralisasi Udara Jaga Pengungsi dari Ancaman Covid-19
 
Ia melanjutkan persiapan tes massal tersebut merupakan sinergi antara Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan seluruh Forkopimda. Juga merupakan salah satu persiapan berdasarkan instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).
 
"Kami bersama seluruh Forkopimda mempersiapkan guru-guru kita dengan melakukan swab tes PCR. Sebagai tindak lanjut instruksi Menteri Pendidikan untuk menyiapkan sekolah tatap muka pada Januari," jelasnya.
 
Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Muhammad Jufri, menambahkan, launching tes swab masif ini merupakan langkah Dinas Pendidikan Sulsel untuk memastikan seluruh anak didik aman memasuki proses pembelajaran secara tatap muka.
 
"Kita melakukan swab masif untuk guru-guru di sekolah dan memastikan anak-anak kita sehat di saat masuk sekolah tatap muka," ujarnya. 
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif