ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Gempa Magnitudo 7,1 Sulut Dirasakan di Beberapa Daerah

Nasional gempa bencana Gempa Bumi bencana alam
Deny Irwanto • 21 Januari 2021 20:27
Jakarta: Gempa bumi magnitudo 7,1 mengguncang 134 km Timur Laut Melonguan, Sulawesi Utara. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, mengatakan gempa tersebut terasa di beberapa daerah.
 
"Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Melonguane, Tahuna, Ondong IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah)," kata Bambang dalam keterangan tertulis, Kamis, 21 Januari 2021.
 
Baca: Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Sulut

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan guncangan juga dirasakan warga di Manado dengan tingkat getaran yang dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Sementara di Galela, Gorontalo, Morotai, Halmahera Utara, Halmahera Barat II-III MMI, getaran terasa nyata dalam rumah.
 
"Terasa getaran seakan akan truk berlalu," jelas Bambang.
 
Sementara di Bolaang Uki getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Di Ternate, Sofifi, Halmahera Tengah getaran dalam katagori I-II MMI yaitu getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang.
 
"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya. 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif