Ilustrasi pembagian paket sembako kepada Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Jawa Barat, Selasa, 30 Juni 2020. Mwdcom.id/ Roni Kurniawan
Ilustrasi pembagian paket sembako kepada Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Jawa Barat, Selasa, 30 Juni 2020. Mwdcom.id/ Roni Kurniawan

ODHA di Jabar Dapat Bantuan Sembako

Nasional Virus Korona
Roni Kurniawan • 30 Juni 2020 13:05
Bandung: Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Jawa Barat mendapat bantuan sembako dari Kementerian Sosial. Pembagian bantuan sembako tersebut disalurkan melalui yayasan yang selama ini dianggap konsen terhadap ODHA.
 
Kampung Belajar menjadi salah satu Yayasan yang turut menjadi kepanjang tangan Kemensos untuk menyalurkan sembako tersebut.
 
"Bantuan yang kami kelola ini dari Kementerian Sosial untuk orang-orang dengan HIV/AIDS di Bogor, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat, semua ada 172 orang," kata Pengurus Yayasan Kampung Belajar, Deden Wibawa, di Kabupaten Bandung Barat, Selasa, 30 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kemensos Salurkan 1.000 Paket Sembako untuk Lansia di Jabar
 
Deden menuturkan tak sedikit ODHA yang memiliki usaha harus gulung tikat karena berbagai dampak dari pandemi covid-19. Ada pun sembako yang diberikan kepada ODHA yakni berisi beras, mi instan, minyak goreng, makanan kaleng, susu, serta kebutuhan mandi.
 
Dengan adanya bantuan tersebut, Deden berharap para ODHA tak lagi mengalami diskriminasi atau stigma dari masyarakat di tengah pandemi covid-19.
 
"Karena mereka juga sama Warga Negara Indonesia yang terdampak covid ini. Apalagi dengan status tersebut (sebagai ODHA), mereka mungkin lebih sulit untuk mencari penghasilan jika usahanya tidak berjalan lagi," jelas Deden.
 
Fitri, 28, ODHA asal Kabupaten Bandung Barat mengaku bersyukur masih mendapat perhatian dari pemerintah di tengah pandemi covid-19. Terlebih selama pandemi, ia tak mendapat bantuan dari mana pun meski kerap dilakukan pendataan oleh petugas setempat.
 
"Pernah sih didata dan diminta foto copy KTP, tapi bantuannya enggak datang-datang juga. Tapi alhamdulillah ini ada dari Kemensos, lumayan untuk bisa menyambung hidup sehari-hari," kata Fitri.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif