ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Solo Tidak Menyanggupi Karantina Wilayah

Nasional Virus Korona
Triawati Prihatsari • 01 April 2020 22:19
Solo: Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tidak akan sanggup jika harus menerapkan sistem karantina wilayah guna menangani penyebaran virus korona. Pasalnya Kota Solo termasuk wilayah yang tidak bisa mandiri karena segala kebutuhan warganya dipasok dari luar daerah.
 
"Di Solo sulit dilakukan kalau harus karantina wilayah. Solo tidak bisa mandiri, kita tidak bisa mandiri. Kita butuh u tuk berhubungan dengan pihak luar," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani, di Solo, Rabu, 1 April 2020.
 
Ahyani menjelaskan kebutuhan pokok atau sembako bagi warga Kota Solo saja bersumber dari luar daerah. Hal itu berlaku dengan kebutuhan warga lainnya karena Solo tidak memiliki sumber daya alam penghasil bahan kebutuhan pangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ahyani memastikan Kota Solo tidak akan menerapkan karantina wilayah. Selain itu Kota Solo memiliki banyak pintu masuk dan keluar ke daerah lain. Hal itu menjadi kendala lainnya dalam penerapan sistem karantina wilayah untuk menangani pandemi virus korona.
 
"Tidak mungkin kita menutup hubungan dengan pihak luar. Secara kehidupan, kita butuh banyak dari luar. Maka kita tidak akan lockdown," jelas Ahyani.
 
Namun Ahyani memastikan Pemkot telah melakukan langkah-langkah penanganan wabah covid-19 secara masif. Bahkan terkait dengan karantina wilayah ini, Ahyani menyebutkan beberapa tempat di Kota Solo sudah melakukannya.
 
"Tapi tidak secara keseluruhan. Hanya di tempat-tempat tertentu dan itupun atas inisiatif warga sendiri," ungkap Ahyani.
 
Di sisi lain, Pemkot juga gencar melakuka patroli selama 24 jam untuk memantau warga Solo dan meminimalisir kegiatan kumpul-kumpul dan menegakkan Social Distancing. Satpol PP dibantu dengan relawan melakukan patroli selama 24 jam penuh menegur dan membubarkan warga yang berkumpul.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif