NEWSTICKER
Kegiatan penyemprotan disinfektan di kawasan Tugu Yogyakarta. Foto: Humas Pemerintah DIY. (Foto: Istimewa)
Kegiatan penyemprotan disinfektan di kawasan Tugu Yogyakarta. Foto: Humas Pemerintah DIY. (Foto: Istimewa)

Pemerintah DIY Antisipasi Dampak Ekonomi Akibat Korona

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 26 Maret 2020 19:03
Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan alternatif penanganan dampak perekonomian akibat penyebaran virus korona (covid-19). Pemerintah DIY telah melakukan koordinasi dengan otoritas untuk menangani warga rentan secara perekonomian.
 
"Dari kebijakan pemerintah pusat, kami diarahkan bisa memperkuat bantuan-bantuan kepada masyarakat yang rentan untuk bisa dibantu. Termasuk aspek jaminan sosial yang memungkinkan daerah bisa memberikan bantuan bagi yang kesulitan akibat virus korona," kata Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Yogyakarta, Kamis, 26 Maret 2020.
 
Baca: Fasum se-Yogyakarta Disterilisasi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sri Sultan menuturkan pemerintah merumuskan teknis bantuan penanganan dampak perekonomian, termasuk realokasi anggaran agar kemampuan ekonomi daerah terjaga. Ia menyebut perekonomian yang harus baik tak hanya pemerintah, namun juga masyarakat.
 
Sri Sultan berharap perbankan di Yogyakarta berkoordinasi dengan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan pemerintah setempat. Koordinasi ini untuk bisa memberikan bantuan bagi warga yang terdampak virus korona.
 
"Harapannya kebijakan pemerintah pusat bisa dilakukan secara konsisten. Kami telah lakukan pendekatan bersama BI dan OJK," jelas Sri Sultan.
 
Menurut Sultan pemerintah daerah akan membantu mendapatkan program yang sudah diputuskan pemerintah pusat. Baik pada aspek peninjauan angsuran, pelunasan tunjangan pokok, dan bunga.
 
"Pemda akan membantu bersama debitur untuk menyelesaikan dengan perbankan. Semoga bisa kita lakukan cepat. Masyarakat bisa memahami tantangan yang kami hadapi dalam upaya kesadaran dan disiplin dalam menghadapi virus korona ini," pungkas Sultan.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif