Suasana di dalam Wisma Atlet (Zona 1), yang merupakan bekas penampungan atlet menginap pada event SEA Games 2011. Kini mengalami beberapa renovasi. (Foto: MTVN/A.Firdaus)
Suasana di dalam Wisma Atlet (Zona 1), yang merupakan bekas penampungan atlet menginap pada event SEA Games 2011. Kini mengalami beberapa renovasi. (Foto: MTVN/A.Firdaus)

Wisma Atlet Jakabaring Disiapkan untuk Pasien Covid-19

Nasional Virus Korona rumah sakit rujukan covid-19
Gonti Hadi Wibowo • 23 Maret 2020 19:10
Palembang: Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan menyiapkan wisma atlet di Komplek Jakabaring Sport City (JSC), Kota Palembang, sebagai ruang isolasi pasien covid-19 atau virus korona. Ini mengantisipasi membludaknya pasien positif covid-19 yang tak mampu ditampung rumah sakit rujukan pemerintah.
 
“Jika pasien dalam pengawasan (PDP) virus korona di Sumsel ini semakin banyak, saya sudah mempersiapkan opsi wisma atlet di Jakabaring dan gedung asrama haji sebagai ruang isolasi pasien virus korona,” kata Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru, Senin 23 Maret 2020.
 
Herman mengatakan hanya ada empat rumah sakit di Sumsel yang memiliki fasilitas ruang isolasi untuk pasien positif covid-19. Yakni, Rumah Sakit Mohammad Hoesin Palembang, Rumah Sakit Lubuk Linggau, Rumah Sakit Kayu Agung, dan Rumah Sakit Lahat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kemarin juga kita tambah rumah sakit Siti Fatimah dan rumah sakit Ernaldi Bahar di Kota Palembang sebagai rumah sakit second line,” jelasnya.
 
Direktur Operasional JSC, Bambang Suprianto, mengatakan total ada 340 kamar dengan masing-masing tiga kasur. Total wisma atlet Jakabaring mampu menampung 1.000 pasien.
 
"Kami juga ada beberapa tower yang belum terpakai serta sarananya lengkap dan memungkinkan untuk dipakai menjadi sarana ruang isolasi virus korona," kata Bambang.
 
Sebelumnya, pemerintah pusat mengalihfungsikan wisma atlet Kemayoran menjadi rumah sakit (RS) darurat penanganan covid-19 atau korona. RS darurat ini dipersiapkan mampu menampung puluhan ribu pasien positif covid-19.
 
Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono menjelaskan ada empat tower untuk menampung pasien positif covid-19, petugas medis, hingga relawan. Dua tower di antaranya dipersiapkan untuk RS yaitu tower 6 dan 7.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif