NEWSTICKER
 Warga Sleman semprotkan disinfektan secara swadaya. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Warga Sleman semprotkan disinfektan secara swadaya. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Warga di Sleman Swadaya Semprot Disinfektan

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 25 Maret 2020 10:31
Sleman: Warga di Dusun Panjen, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyemprotkan disinfektan secara mandiri lingkungannya pada Rabu, 25 Maret 2020. Seluruh perwakilan kepala keluarga dilibatkan dalam proses penyemprotan.
 
"Penyemprotan disinfektan kami lakukan secara mandiri agar mengurangi risiko penyebaran virus korona (covid-19)," kata salah seorang warga, Gandung, ditemui di sela penyemprotan.
 
Proses penyemprotan dimulai pukul 07.00 WIB. Warga RW 28 dan RW 32 mulai meramu disinfektan sesuai yang direkomendasikan. Penyemprotan dilakukan menjelang pukul 08.00 WIB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gandung mengatakan penyemprotan dilakukan di setiap sudut kampung. Jalanan dan setiap rumah warga tidak luput disemprot disinfektan.
 
"Yang dijalankan kami semprotkan pakai alat untuk mencuci motor atau mobil. Kelilingnya pakai mobil warga juga," ujar lelaki berusia 38 tahun ini.
 
Baca:Eks Pasien Korona Minta Tes Massal Segera Dilakukan
 
Wayahdi, juga warga Dusun Panjen, mengatakan ada sekitar 40 orang ikut membantu penyemprotan disinfektan. Ia menjadi salah satu yang menyemprotkan di sekitar rumah warga.
 
"Tadi saya nyemprotnya di lingkungan rumah warga. Yang pakai mobil tadi itu ada sendiri karena bagi tugas," kata dia.
 
Dia mengaku harus beberapa kali mengikuti sejumlah orang yang ikut menyemprot, untuk memasok kekurangan disinfektan. Setiap ada yang kehabisan disinfektan, ia harus kembali memasok disinfektan.
 
"Tadi kan disinfektan bikin sendiri, tak khawatir kehabisan. Ini tadi habis kira-kira 850 liter disinfektan," kata alumnus Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta ini.
 
Ia berharap upaya warga ini bisa mengurangi atau memotong potensi penyebaran virus korona. Ia juga berharap warga setelah beraktivitas di luar ruangan, memastikan kondisi badannya bersih saat masuk ke rumah.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif