Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. (Foto: Medcom.id/Syawaluddin)
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. (Foto: Medcom.id/Syawaluddin)

Ijtima Ulama Dunia di Gowa Batal Digelar

Nasional Virus Korona
Whisnu Mardiansyah • 19 Maret 2020 01:46
Makassar: Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengonfirmasi acara Ijtima Ulama Dunia zona Asia di Kabupaten Gowa batal digelar. Pembatalan hasil koordinasi Pemerintah Kabupaten Gowa dan Polda Sulawesi Selatan.
 
"Setelah berkoordinasi dengan Kapolri serta Kapolda Sulsel dan Bupati Gowa sepanjang malam ini, acara Ijtima Jemaah Tabligh yang akan berlangsung besok resmi kita batalkan," kata Nurdin di akun instagram pribadinya @nurdin.abdullah, Kamis, 19 Maret 2020.
 
Sebelumnya, Pemprov Sumsel dan Pemkab Gowa sudah meminta panitia agar menunda acar tersebut karena merebaknya wabah covid-19. Namun, panitia tetap menggelar acaranya dan tamu dari mancanegara kadung berdatangan ke Gowa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk meminimalisir interaksi para peserta dengan warga di sekitar lokasi acara, kami telah meminta pihak Kepolisian untuk mengisolasi atau membatasi ruang gerak para peserta agar tidak melakukan kontak dengan warga," kata Nurdin.
 
Pihak keamanan akan mengawal tamu-tamu dari mancanegara kembali pulang ke negara masing-masing. Pengawalan dilakukan di bandara dan pelabuhan.
 
selanjutnya kita akan mengantar mereka pulang ke pelabuhan dan bandara dengan pengamanan yang dibutuhkan.
 
"Saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang menyikapi hal ini, kami berkomitmen untuk menjaga seluruh warga dari kemungkinan penularan virus covid-19 lebih meluas," jelasnya.
 
Sebelumnya, Ijtima Ulama Dunia Zona Asia yang digelar di Desa Nirannuang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan diberi waktu hanya satu hari digelar. Keputusan itu diambil lantaran tidak ada lagi cara untuk menghentikan acara ini.
 
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan bahwa pihaknya telah berbicara dengan panitia dan dewan syuro acara itu serta meminta agar acara ini dipercepat.
 
"Tidak bisa lagi ditunda karena sudah datang semua (pesertanya). Makanya yang ada kita minta pelaksanaan nya satu hari saja. Dari rencana lima hari," kata, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL, saat dikonfirmasi, di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 18 Maret 2020.
 

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif