Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 31 Oktober 2019. (Foto: Medcom.id/Syawaluddin)
Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 31 Oktober 2019. (Foto: Medcom.id/Syawaluddin)

LIPI Akan Dilebur Bersama BRIN

Nasional Riset dan Penelitian
Muhammad Syawaluddin • 01 November 2019 09:22
Makassar: Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) berencana menggabungkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan Badan Riset dan Inovasi Indonesia (BRIN). Peleburan guna mengintegrasikan riset dari hulu ke hilir.
 
Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro, mengatakan penyatuan LIPI dan BRIN dilakukan sebagai upaya mewujudkan amanat undang-undang terkait sistem riset yang baru.
 
"Integrasi dilakukan agar riset dari hulu (riset dasar)menjadi inovasi sampai kepada komersialisasi produk," katanya, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 31 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, integrasi juga agar tidak ada lagi hasil riset yang tumpang tindih. Termasuk mencegah potensi duplikasi riset karena banyaknya lembaga penelitian.
 
"Untuk formatnya nanti kita lihat yang terbaik," jelasnya.
 
Menurut Bambang, tujuan lain melebur LIPI dan BRIN juga agar riset di Indonesia lebih berkualitas. Khususnya riset yang dihasilkan akademisi.
 
Ia menghendaki hasil penelitian akademisi di Indonesia lebih maju dengan inovasi dan invensi. Sehingga, kualitas riset di Indonesia jauh lebih berkualitas.
 
"Ke depan hasil riset orang Indonesia bisa setara atau digunakan internasional," pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif