Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Sejumlah Desa di Sumsel Belum Lapor Pertanggungjawaban Dana Desa

Nasional dana desa
Gonti Hadi Wibowo • 07 November 2019 18:13
Palembang: Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumatera Selatan, Yusnin, mengatakan sejumlah desa mengalami keterlambatan pencairan dana desa tahap tiga. Keterlambatan lantaran desa tersebut belummemberikan laporan pertanggungjawaban (LPJ) dana desa.
 
"Desa yang belum dicarikan itu hanya satu atau dua desa saja karena keterlambatan LPJ. Tetapi seluruh desa yang lain itu sudah tersalurkan," ujar Yusnin di Palembanag, Kamis, 7 November 2019.
 
Yusnin menjelaskan dana desa itu diperuntukkan untuk pemenuhan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan lainnya sesuai kebutuhan masing-masing desa. Dia mengungkap belum mendapat laporan penggunaan dana desa yang telah disalurkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita baru akan mengetahui laporan pelaksanaan dana desa tahun ini pada awal 2020 nanti setelah pengunaan dana desa itu sudah memasuki tahap yang ketiga itu selesai," imbuhnya.
 
Yusnin menerangkan anggaran dana desa untuk Sumsel tahun 2019 mencapai Rp 2,6 Triliun untuk 2.853 desa yang tersebar di 14 Kabupaten/Kota. Pengunaan dana desa di Sumsel memasuki tahap ketiga saat ini. Rinciannya tahap pertama pengunaan 20 persen, tahap kedua 40 persen, dan tahap ketiga 40 persen.
 
"Tahap pertama dan kedua itu sudah selesai. Mengenai rinciannya dana desa itu berapa saya belum tahu pasti, yang pasti tahap pertama dan kedua itu tidak ada masalah baik itu mengenai penyaluran dan pemakaian dana desa itu sudah bagus," jelasnya.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif