Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Jatim Bentuk Ratusan Desa Tangguh Bencana

Nasional bencana alam
Amaluddin • 03 Desember 2019 11:51
Surabaya: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur membentuk 612 Desa Tangguh Bencana di wilayahnya. Langkah ini sebagai upaya mencegah bencana menjelang musim hujan.
 
"Ratusan desa tangguh itu tersebar di 38 kabupaten/kota di Jatim," kata Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Suban Wahyudiono, di Surabaya, Selasa, 3 Desember 2019.
 
Suban mengatakan ada 8.501 desa dan kelurahan di 38 kabupaten/kota di Jatim. Dari jumlah itu, sebanyak 2.742 desa/kelurahan berpotensi tinggi terjadi bencana banjir, longsor dan sebagainya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami target jumlah desa tangguh di Jatim bertambah 40 desa setiap tahunnya," ujarnya.
 
Dia melanjutkan keberadaan desa tangguh bencana penting untuk mengedukasi masyarakat soal bencana. Harapannya kesiapan masyarakat di daerah rawan bencana semakin baik.
 
"Jadi, desa tangguh bencana ini dalam rangka mengedukasi masyarakat biar pintar. Sehingga kalau ada bencana mereka sudah tahu harus bagaimana, ketika ada tanda-tanda segera mengamankan diri," jelasnya.
 
Jatim merupakan salah satu provinsi yang kerap dilanda bencana pada musim hujan. Suban mengaku telah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait potensi hujan di wilayah Jatim.
 
"Diperkirakan Desember ini di Jatim hujannya sudah merata. Sementara puncaknya musim hujan itu diperkirakan pada Januari dan Februari 2020," ungkapnya.
 
Dia melanjutkan rapat koordinasi dengan kepala Bakorwil se-Jatim, dan seluruh kepala BPBD di Jatim telah digelar untuk bersiap menghadapi bencana. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah bersurat ke masing-masing kepala daerah untuk siaga.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif