Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Ada Kasus Covid-19 di SD, Pelaksanaan KBM Tatap Muka Dievaluasi

Nasional Virus Korona covid-19 Protokol Covid-19 Pembelajaran Tatap Muka
Ahmad Mustaqim • 26 November 2020 13:05
Yogyakarta: Temuan kasus positif covid-19 di dua sekolah dasar (SD) di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menjadi evaluasi perihal kegiatan belajar (KBM) tatap muka. KBM tatap muka yang diwacanakan pada awal 2021 harus dipersiapkan matang. 
 
"Ini akan jadi bahan evaluasi kami. Justru kasus itu untuk kehati-hatian kami membuka sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya, Kamis, 26 November 2020. 
 
Didik mengatakan, kasus konfirmasi positif covid-19 di SD kini dalam pembahasan bersama otoritas pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik kota maupun kabupaten. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Sekolah Tatap Muka, Guru dan Murid di Gunungkidul Terpapar Covid-19
 
"(Kebijakan) tingkat SD dan SMP kewenangan pemerintah kabupaten. Jadi kami belum tahu pasti soal kasus itu. Untuk SMA diperbolehkan ke sekolah hanya untuk konsultasi," ungkapnya. 
 
Didik belum bisa bicara banyak soal rencana KBM tatap muka awal 2021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah membolehkan KBM tatap muka pada Januari 2021. 
 
"Tapi (situasi) masing-masih daerah kan berbeda. Kita cek dulu bagaimana kesiapan di sini (DIY)," kata dia. 
 
Sebelumnya, sebanyak dua SD di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, diketahui ada kasus positif covid-19. Kasus terjadi pada tiga siswa dan dua guru. 
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif