Ilustrasi. (Foto: AFP)
Ilustrasi. (Foto: AFP)

Upah Minimum Kota Solo 2021 Naik Rp57 Ribu

Nasional buruh upah
Triawati Prihatsari • 25 November 2020 17:28
Solo: Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, menetapkan besaran upah minimum kota (UMK) 2021 naik 2,94 persen atau sebesar Rp57.810 dari tahun sebelumnya. Besaran UMK tahun depan ditetapkan Rp2.013.810, naik dari UMK 2020 Rp1.956.000.
 
"Ditetapkan setelah dilakukan rapat antara Pemkot Solo dan Dewan Pengupah yang terdiri dari pengusaha dan pekerja," papar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Solo, Ariani Indriastuti, Rabu, 25 November 2020.
 
Upah minimum merupakan upah bulanan terendah dan hanya berlaku bagi pekerja atau buruh yang memiliki masa kerja kurang dari satu tahun. Sedangkan bagi pekerja atau buruh yang memiliki masa kerja di atas satu tahun tidak terpengaruh dengan penetapan UMK tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Gubernur Minta Komitmen Hotel dan Resto di Sulsel Terapkan Prokes
 
Setelah ditetapkan, penetapan UMK tersebut akan langsung disosialisasikan. Di Kota Solo ada sekitar 2.000 perusahaan yang tercatat resmi di Disnakerperin Solo. Mayoritas perusahaan bergerak di bidang tekstil.
 
"Akhir November atau awal Desember nanti akan mulai disosialisasikan terkait UMK 2021," bebernya.
 
Terkait hal itu, Disnakerperin Solo akan membuka posko pengaduan bagi tenaga kerja jika perusahaan mereka tidak mau mengikuti kebijakan pemkot tersebut.
 
"Nanti akan kita monitoring, kalau ternyata kondisi perusahaan memang tidak bisa menaikan besaran UMK, ya diberikan kelonggaran," ungkapnya. 
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif