Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kasus Covid-19 di Bandung Naik Pesat

Nasional Virus Korona covid-19 Protokol Covid-19
Roni Kurniawan • 26 November 2020 10:29
Bandung: Kasus terkonfirmasi aktif covid-19 di Kota Bandung, Jawa Barat, naik signifikan dalam sehari, sebanyak 139 orang. Berdasarkan data dari pusat informasi covid-19 (Pusicov) Kota Bandung, hingga Rabu, 25 November 2020, total konfirmasi aktif mencapai 623 kasus.
 
Ketua Harian Gugus Tugas Kota Bandung, Ema Sumarna, mengatakan pihaknya tengah melakukan rapat internal untuk menyikapi melonjaknya kasus covid-19. Meski angka reproduksi virus masih di bawah 1 persen, namun tingkat paparan warga Bandung sangat tinggi hingga 21,53 persen.
 
"Artinya percepatan bukan angka reproduksi di bawah 0,81 persen, tapi transmisi ini akibat perilaku masyarakat yang sudah masuk kategori sangat tidak disiplin," ujar Ema di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis, 26 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: DIY Catat Penambahan Kasus Tertinggi Covid-19
 
Ema menuturkan, lompatan kasus covid-19 di Kota Bandung sudah lebih dari 50 persen dalam beberapa hari ke belakang. Pihaknya terus berkoordinasi dengan kewilayahan di kecamatan dan kelurahan untuk penegakan protokol kesehatan.
 
"Jadi ini masuk ke situasi yang cukup darurat Bandung ini. Harus benar-benar konsentrasi upaya lebih maksimal lagi, kita minta kepada pihak kecamatan menyiapkan rumah isolasi bagi orang tanpa gejala," sahut Ema.
 
Gugus tugas pun akan melakukan evaluasi terhadap beberapa sektor yang telah diberikan relaksasi sejak tiga bulan silam seperti pusat perbelanjaan dan tempat hiburan. Pasalnya Ema khawatir masih ada pelanggaran protokol kesehatan. 
 
"Kebijakan yang direlaksasi dilakukan evaluasi, ada 12 tim diterjunkan melihat aktivitas relaksasi. Ruang relaksasi sudah diberikan, tinggal konsisten kebijakan tersebut jangan hanya jadi hiasan," tegas Ema.
 
Sementara itu, angka kesembuhan dari covid-19 di Bandung hanya bertambah tujuh dengan total 2.451 orang. Sedangkan angka kematian tidak bertambah masih sebanyak 111 orang.
 
Baca: Akumulasi Covid-19 di Klaten 1.648 Kasus
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif